Pasif Selama Pandemi, SMP Negeri 3 Talang Gelar Persami dan Pelantikan Dewan Penggalang

Pasif Selama Pandemi, SMP Negeri 3 Talang Gelar Persami dan Pelantikan Dewan Penggalang

Prosesi Persami dan Pelantikan Dewan Penggalang Gudep SMP Negeri 3 Talang. (FOTO HERMAS PURWADI / RADAR TEGAL)--

TALANG (Disway Jateng) -  Bertempat di halaman SMP Negeri 3 Talang, digelar upacara pembukaan Persami Gudep SMP N 3 Talang, Sabtu (21/5).Kamabigus Supendi SPd MPd dalam amanahnya menyatakan bahwa selama masa pandemi Covid-19, tidak ada kegiatan Persami, maka baru kali ini di tahun 2022 Gudep SMP Negeri 3 Talang mengadakan kegiatan. Tujuannya agar bisa menjadi pramuka yang  tanggap dan cermat terhadap segala situasi dan kondisi. Persami melatih anak disiplin, ketrampilan dan melatih kemandirian, diharapkan dengan persami menjadikan anak yang bertanggungjawab.

“Pramuka juga mengajarkan kekompakan, kedisiplinan, dan gotong-royong. Dengan pramuka siswa menjadi pribadi yang tangguh," ujarnya.

Dia meminta agar para siswa mengikuti dan mematuhi segala perintah dari para pembina, sehingga diharapkan setelah mengikuti kegiatan itu bisa menambah wawasan dan keterampilan. Agar bisa menjadi siswa yang berprestasi.

Persami diikuti oleh 238 siswa kelas VII dan 27 siswa kelas VIII. Untuk peserta putri 123 siswa yang terbagi menjadi 12 regu. Untuk peserta putra berjumlah 115 siswa yang dibagi menjadi 12 regu.

“Adapun materi yang harus diikuti oleh peserta diantaranya pengetahuan kepramukaan, meliputi sejarah pramuka, lagu Indonesia Raya, bendera Merah Putih, PBB, dan struktur organisasi pramuka,” bebernya.

Materi tali temali juga hal yang wajib bagi pramuka. Materi tali temali yang harus dikuasai peserta Persami antara lain jangkar, palang, silang rantai, pangkal mati, kembar,  dan lainnya. Untuk materi menaksir harus diikuti pesert di tempat yang luas. Peserta harus bisa menaksir tinggi pohon, tinggi gedung, tiang listrik, lebar sungai.

Persami kali ini mengusung tema ‘Melalui Persami Kita Menuju Pribadi yang Berani, Mandiri, dan Berbudi Sejak Dini’. Selama kegiatan siswa dilatih untuk mandiri dan juga berkepribadian yang baik.

“Dalam kegiatan kali ini juga diadakan pelantikan calon Dewan Penggalang menjadi Dewan Penggalang  yang diikuti 27 siswa kelas VIII. Acara ditutup, Minggu (22/5) sekitar pukul 11.30,” pungkasnya. (her/gun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal