Simulasi Pemungutan Suara, KPU Jateng Tunjuk Salatiga sebagai Pilot Project

Sabtu 19-10-2024,12:53 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Laela Nurchayati

SALATIGA, jateng.disway.id - KPU Provinsi Jawa Tengah menunjuk Kota Salatiga menjadi pilot project pelaksanaan simulasi Pemungutan dan Penghitungan suara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota di Jawa Tengah tahun 2024.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Handi Tri Ujiono SSos, Sabtu 19 Oktober 2024, di Bukit Soka Salatiga, disaksikan 35 KPU Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

Selain itu, terlihat juga Pj Wali Kota Salatiga Yasip Khasani serta Forkopimda Kota Salatiga dan Komisioner Bawaslu Provinsi Jateng dan Komisioner KPU Provinsi Jateng.

Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono mengungkapkan, simulasi ini digelar semirip mungkin saat pemungutan suara tanggal 27 November 2024. Sekaligus, mengukur pemahaman sejauh mana regulasi yang ada.

BACA JUGA:DPC Gerindra Salatiga Diundang Hadiri Pelantikan Prabowo Subianto Sebagai Presiden RI di Jakarta

BACA JUGA:26 Box Surat Suara Pilgub Jateng Tiba di Gudang KPU Salatiga Tadi Malam

"Kita lakukan semirip mungkin dan meminimalisir kesalahan, agar tidak terjadi Pemilihan Suara Ulang (PSU)," kata Handi Tri Ujiono.

Kegiatan simulasi TPS 20 melibatkan warga RW Rt 04 RW 15, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Salatiga juga sebagai upaya memberikan gambaran utuh kepada KPU (Provinsi/Kabupaten/Kota) pemilihan bagaimana nantinya pelaksanaan pemungutan penghitungan suhu dilaksanakan sebaik-baiknya.

Sehingga tidak ada permasalahan yang muncul pasca pemungutan dan penghitungan suara di TPS nantinya.

Melalui simulasi ini juga ditekankan Handi Tri Ujiono guna mempersiapkan SDM KPPS agar bisa memahami memverifikasi, mengidentifikasi serta memastikan  pemilih termasuk kepada pemilih yang memerlukan perlakuan khusus.  

BACA JUGA:Empat Nama Lolos UKK Dewas PDAM Salatiga, Ada Mantan Direktur Hingga Eks Ketua KPU

BACA JUGA:Program Kelas Literasi, 50 Warga Binaan Rutan Salatiga Belajar Membatik

Sementara Kabag TPP Parhubmas Provinsi Jateng Dewantoputra Adi Permana menambahkan bahwa kegiatan Simulasi ini sebagai upaya memberikan gambaran yang lebih riil di TPS.

Dimana, kegiatan simulasi pemungutan suara penghitungan suara yang dilaksanakan di Kota Salatiga merupakan (simulasi) pertama kali yang dilakukan KPU Jawa Tengah di Jawa Tengah dalam rangka mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam persiapan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil wlWalikota tahun 2024.

"Dalam simulasi ini akan menerapkan jumlah TPS 586 pemilih dan  dipandang perlu dengan tujuan pemilih 600 orang per TPS, sehingga KPU Jawa Tengah mengukur kebutuhan bilik sesuai dengan TPS dengan waktu yang ditentukan," ungkap Dewantoputra

Selain itu juga mengidentifikasi potensi masalah teknis yang mungkin muncul dalam pemungutan suara nanti.

BACA JUGA:Sambang Warga di Kelurahan Tingkir Lor, Pj Wali Kota Salatiga Sampaikan Tiga Isu Nasional

BACA JUGA:Pj Wali Kota, Asisten Setda Hingga Plt Inspektur Kota Salatiga Tandatangani Pakta Integritas

Simulasi ini melibatkan 7 KPPS di TPS simulasi serta dua orang limas sebagai pengamanan TPS. Pelaksanaan simulasi di Salatiga ini juga mengundang 35 Kabupaten Kota.

"Hal tersebut bertujuan agar penyelenggara Pemilu dapat mengetahui dan memahami prosedur pemungutan dan penghitungan suara sesuai dengan peraturan yang berlaku," imbuhnya.

Pada prinsipnya, aku dia, KPU memudahkan pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.

Setidaknya, ada dua hal yang akan dilakukan dalam simulasi ini terkait dengan pemungutan suara antara lain jumlah pemilih dalam satu TPS 586 dan pengaturan waktu per TPS. Konsep yang sebelumnya telah ditentukan dalam pemilu 2024.

Kegiatan Simulasi ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Handi Tri Ujiono, S.Sos.


Kategori :