Pergelaran Kolosal Pandhita Wanara Agung di Gigantopithecus Expo 2024

Selasa 15-10-2024,08:38 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

SLAWI, jeteng.disway.id - Taman Rakyat Slawi Ayu atau Trasa Kabupaten Tegal dipadati ratusan orang. Mereka rela berdesak-desakan hanya untuk menyaksikan pergelaran kolosal. 

Pagelaran Kolosal Pandhita Wanara Agung yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gigantopithecus Expo 2024 berhasil membuat decak kagum penonton yang hadir di Trasa, Kabupaten Tegal. 

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Museum dan Cagar Budaya melalui Unit Museum Semedo, Pemerintah Kabupaten Tegal, Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tegal (DKDKT), Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT), Sanggar Putra Satria Laras, Yayasan Rumah Seni Tegal dan ISI Surakarta. 

Kepala Bagian Umum Museum dan Cagar Budaya atau Indonesian Heritage Agency (IHA), Brahmantara mengatakan, Pergelaran Kolosal Pandhita Wanara Agung ini merupakan selebrasi atas hadirnya Gigantopithecus sebagai warisan budaya kebanggaan dan menumbuhkembangkan ekosistem kebudayaan menuju dampak berkelanjutan yang bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Fosil Kera Raksasa Berusia 2 Juta Tahun Dipamerkan di Trasa Kabupaten Tegal

BACA JUGA:Fosil Kera Raksasa Dipamerkan di Trasa Kabupaten Tegal

Brahmantara menjelaskan, aspek fenomenal dan ikonik dari primata purba raksasa Gigantopithecus yang diinterpretasikan secara artistik oleh tokoh-tokoh budaya Kabupaten Tegal, diekspresikan dan dipertontonkan secara kolosal dengan alur kisah serta tata pertunjukan yang tidak hanya estetis dan dramatis, melainkan juga menginspirasi, mencerdaskan, dan membangun memori kolektif. 

Diharapkan, kegiatan ini bisa menjadi inspirasi supaya muncul karya-karya baru dan cipta rasa baru.

"Terutama untuk penguatan ekosistem kebudayaan yang ada di Kabupaten Tegal," ucapnya.

Pj Bupati Tegal Agustyarsyah melalui Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Nur Hafid Junaedi, mengatakan bahwa Pergelaran Kolosal Pandhita Wanara Agung ini tidak hanya menghibur, tetapi juga sarat makna. 

Menurutnya, ini adalah wujud interpretasi artistik para budayawan terhadap fosil Gigantopithecus, warisan budaya yang menjadi kebanggaan Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:Wisata Edukasi! Menelusuri Museum Semedo di Kabupaten Tegal, Situs Sejarah Manusia Purba

BACA JUGA:Anda Wajib Tahu, Museum Semedo Tegal Menapaki Jejak Jaman Purbakala

Disebutkan, kehadiran fosil Gigantopithecus di Museum Semedo telah membuka lembaran baru dalam sejarah Kabupaten Tegal.

"Ini adalah bukti nyata bahwa tanah Tegal memiliki jejak peradaban panjang dan berharga," kata Nur Hafid. 

Kategori :