Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Lepas Delegasi FTBI Tingkat Jateng

Selasa 15-10-2024,08:00 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

SLAWI, jateng.disway.id - Usai apel pagi di halaman kantor  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal. Sekretaris Dinas mewakili Plt Kepala Dinas Dikbud difdampingi Kabid Pembinaan SMP melepas delegasi perwakilan Kabupaten Tegal di Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Jawa Tengah yang dipusatkan di Jepara, 15 hingga 17 Oktober 2024.

Sekretaris Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Satiyo SPd  didampingi Kabid Pembinaan SMP Drs Al Fatah menyatakan bahwa delegasi yang dikirim ke tingkat Jawa Tengah ini adalah pemenang FTBI jenjang SMP tingkat Kabupaten Tegal. Tujuan dari  festival ini adalah melestarikan bahasa, mengembangkan minat, bakat, potensi dan kreativitas siswa. “Serta meningkatkan literasi, numerasi," ujarnya.

Di tingkat provinsi, kontingen Kabupaten Tegal memberangkatkan 14 peserta dan ambil bagian di 7 mata lomba serta didampingi 18 pendamping. Mereka akan ambil bagian di mata lomba, pidato, cerita cekak, membaca dan menulis aksara  Jawa, macapat, ndagel ijen, geguritan dan dongeng. 

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat, potensi dan kreativitas siswa. Serta meningkatkan literasi, numerasi, sekaligus  penguatan profil Pelajar Pancasila.

BACA JUGA:SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Borong Piala FTBI

BACA JUGA:Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Gelar Lomba Mapsi Tingkat SD

Sebelum dilepas, kontingen mendapatkan dukungan dari  sekretaris dinas dan  kaid pembinaan SMP dan berharap peserta dapat menyabet juara di masing-masing mata lomba. 

Dinas Dikbud juga memberikan dukungan penyemangat berupa uang sakiu kepada 14 siswa yang ambil bagian di ajang tersebut. Pihaknya merasa bangga atas partisipasi dalam pelestarian bahasa Jawa. “Ini adalah langkah nyata untuk melestarikan budaya sekaligus menyaring yang terbaik untuk mewakili Kabupaten Tegal  di FTBI tingkat provinsi,” ungkapnya. 

Kategori :