Konsultasi Gratis, Mal Ciputra Semarang Hadirkan 3 Dokter Spesialis Setiap Hari Jumat

Sabtu 12-10-2024,13:02 WIB
Reporter : Wahyu Sulistiyawan
Editor : Laela Nurchayati

Hari Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengendalian, diagnosis, dan pengobatan kanker payudara.

BACA JUGA:Bantuan Sumur Artetis, Mempermudah Petani Budidaya Durian Malika Khas Semarang

BACA JUGA:Durian Malika Khas Semarang Berusia 200 Tahun, Terselamatkan Dari Petir dan Kekeringan

Di bulan Oktober ini, selain Hari Kanker Payudara Sedunia, ada juga beberapa hari dan bulan yang berkaitan dengan kanker. Diantaranya Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari.

Hari Kanker Sedunia ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan, deteksi dini, dan terapi kanker.

Ada juga Hari Kesadaran Kanker Payudara Metastatik, yang diperingati setiap tanggal 13 Oktober di Amerika Serikat.

Sementara Pekan Kesadaran Kanker Payudara Pria diperingati setiap tanggal 17–23 Oktober juga di Amerika Serikat.

Seperti diketahui, kanker payudara terjadi ketika sel-sel kanker tumbuh secara tidak normal pada jaringan payudara dan membentuk tumor.

Beberapa tanda kanker payudara yang harus diwaspadai diantaranya perubahan ukuran payudara, keluarnya cairan bercampur darah di puting payudara, serta benjolan atau pembengkakan pada ketiak.

Seperti dikutip dari laman rskariadi, kanker payudara adalah kanker yang paling umum terjadi di seluruh dunia dengan sekitar 2,3 juta kasus baru setiap tahunnya.

Kanker ini merupakan satu dari delapan kasus kanker pada kedua jenis kelamin dan seperempat dari semua kanker pada wanita1 dengan 70% kematian terjadi di negara dengan sumber daya terbatas.

 

Kategori :