Puluhan UMKM Kabupaten Tegal Ramaikan Pembukaan Pameran Temporer Wanara Seba

Senin 07-10-2024,15:15 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Ajang pembukaan Pameran Temporer Wanara Seba  yang dipusatkan di halaman Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa). Dijadikan momentum puluhan UMKM binaan Dinas Koperasi UKM Kabupaten Tegal Perdagangan untuk menggelar produknya.

Keikutsertaan UMKM ini merupakan upaya Dinas Koperasi UKM Perdagangan untuk mempromosikan produk-produk UMKM asli Kabupaten Tegal. Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan, Kabupaten Tegal Imam Rudy Kurnianto berharap melalui pameran ini. 

BACA JUGA:Apoteker di Kabupaten Tegal Diminta Pahami Tugas dan Fungsi dalam Pelayanan Kefarmasian

Diharapkan dengan kehadiran pengunjung dapat menikmati dan memberi produk UMKM yang tersedia. "Dengan kehadiran pengunjung yaang terdiri dari elemen masyarakat yang sangat antusias mendatani pameran Wanara Seba ini juga dapat menikmati dan membeli produk UMKM ," ujarnya, Senin (7/10/2024).

Adapun produk UMKM yang dihadirkan dipelataran Trasa hingga 13 Oktober 2024 beragam mulai dari produk makanan, minuman, fashion hingga handycraft. Pihaknya juga mengapresiasi gelaran ini karena mempunyai multiplier effect terhadap UMKM. 

BACA JUGA:Gaduh Baliho Paslon Pilbup Batang, Komisi A DPRD Cecar Komisioner KPU 1,5 Jam

UMKM sendiri juga menjadi motor inovasi dan kreativitas karena dengan fleksibilitas yang dimiliki, pelaku UMKM dapat dengan cepat beradaptasi dan menciptakan produk baru. "Sesuai dengan tren dan kebutuhan pasar yang pada gilirannya dapat meningkatkan daya saing," cetusnya.

UMKM juga berperan penting dalam pengembangan ekonomi lokal sehingga membantu memperkuat daya beli masyarakat dan menjaga keberlangsungan ekonomi di daerah. Dengan adanya UMKM, kesejahteraan tidak terpusat hanya di kota besar. Usaha kecil dan menengah ini dapat ditemukan di seluruh pelosok daerah. "Sehingga distribusi pendapatan dan kesejahteraan dapat lebih merata," ungkapnya. 

Kategori :