Pembacaan Berita Acara Terhenti, Ketua KPU Kota Semarang Tegur Relawan Paslon 02

Senin 23-09-2024,22:01 WIB
Reporter : Wahyu Sulistiyawan
Editor : Laela Nurchayati

SEMARANG, diswayjateng.id - Pembacaan berita acara pengundian nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota Semarang periode 2024-2029 oleh Ketua KPU Kota Semarang, Ahmad Zaini beberapa kali terhenti karena terganggu oleh suara dari para relawan Paslon 02 Yoyok Sukawi dan Joko Santoso diluar kantor KPU Kota Semarang, Senin 23 Septermber 2024.

Pembacaan berita acara tersebut sempat terhenti tiga kali selama beberapa menit, karena relawan terus berteriak yel-yel dan memutar musik dari pengeras suara.

Situasi pada rapat pleno terbuka tersebut membuat Ketua KPU Kota Semarang meminta Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) dan keamanan untuk menegur dan menenangkan relawan paslon 02 yang berada diluar kantor.

"Tolong semua tenang terlebih dahulu, tolong Banwaslu bisa ditenangkan untuk simpatisan yang ada diluar," katanya.

Kondisi tersebut terus berlanjut hingga paslon Walikota Semarang nomor urut 01, Agustina Wilujeng Pramestuti memberikan sambutan. Agustina juga sempat memberikan pengertian kepada pendukung yang ada didalam ruangan rapat pleno terbuka untuk menjaga ketenangan. "Nanti kalau mas Yoyok berpidato, jangan mengganggu ya," pintanya.

BACA JUGA:Pengundian Paslon Wali Kota Semarang, Agustina-Iswar Nomor 1 dan Yoyok-Joss 2

BACA JUGA:Ricuh, Pendukung Saling Lempar Batu Saat Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati-Wakil Bupati Pekalongan

Sebelumnya KPU Kota Semarang melakukan pengundian nomor urut untuk pasangan calon Wali Kota dan Wakil Walikota Semarang periode 2024-2029 dengan menetapkan paslon Agustina Wilujeng Pramestuti dan Iswar Aminuddin sebagai paslon nomor urut satu.

Sedangkan paslon Yoyok Sukawi dan Joko Santoso mendapatkan nomor urut 02. Pada  agenda berikutnya akan dilaksanakan deklarasi damai dan mulai kampanye pada Rabu 25 September 2024. 

 

Kategori :