Jelang Pilkada, Disdukcapil Kabupaten Pemalang Kebut Perekaman KTP-el

Minggu 22-09-2024,19:30 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pemalang berupaya melaksanakan program layanannya. Untuk meningkatkan capaian target perekaman KTP-el menjelang Pilkada serentak tahun 2024.

Berdasarkan data yang ada, dari target 2024 sebanyak 14.695, berhasil melakukan perekaman KTP-el sebanyak 7.705. Dehingga masih ada 6.990 yang belum melakukan perekaman.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Pemalang Hendro Susilo mengatakan, jika dilihat jumlah target rekam KTP-el per Januari 2024 sebanyak 14.695. Maka per 19 September 2024 ini telah melaksanakan rekam biometrik sebanyak 7.705. Sehingga untuk saat ini masih ada sebanyak 6.990 orang warga yang belum rekam KTP-el. 

BACA JUGA:Duta Mas dan Mbak Kabupaten Tegal Raih 3 Selempang

"Jadi dari data itu, jika diprosentasekan  jumlah wajib KTP-el yang belum rekam tinggal 0,69 persen,"katanya.

Untuk meningkatkan capai target perekaman KTP-el, pihaknya akan terus melakukan langkah-langkah strategris. Diantaranya, melakukan rapat koordinasi dengan intansi terkait, menerbitkan surat edaran kepada para camat dan desa atau kelurahan beserta data penduduk yang belum rekam. Hal itu dilakukan untuk diundang guna perekaman KTP-el pada Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) kecamatan terdekat.

Selain itu, bersurat kepada Cabang Dinas  XII Jawa Tengah dan Kementerian Agama Kabupaten Pemalang. Berkaitan rekam KTP-el bagi siswa SMA/SMK sederajat.

BACA JUGA:Warga SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Termasuk menginformasikan data proges perkembangan perekaman KTP-el. Selanjutnya, menugaskan kepada para siswa untuk melakukan perekaman KTP-el pada hari libur pada TPDK terdekat. “Disamping itu, melakukan layanan jemput bola ke sekolah - sekolah, CFD dan even lainnya,"paparnya. 

Kategori :