6 Penyebab Hp Diretas dan Cara Mencegahnya

Rabu 18-09-2024,10:45 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID – Terdapat beberapa penyebab hp diretas yang perlu anda ketahui, apa sajakah itu?

Smartphone tentunya sudah menjadi teman sehari-hari bagi semua orang, selain itu didalam smartphone juga terdapat banyak informasi pribadi. Namun perlu anda ketahui bahwa banyak oknum yang dapat melakukan kejahatan yakni dengan melakukan pencurian data, oleh sebab itu anda perlu mengetahui apa saja penyebab hp diretas.

BACA JUGA:Waspada, Inilah Ciri-ciri Hp Diretas Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Penyebab Hp Diretas 

1. Kata Sandi yang Lemah

Kata Sandi Mudah Tebak: Menggunakan kata sandi yang terlalu sederhana seperti "123456" atau "password" tentunya menjadi penyebab hp diretas  hingga membuat ponsel Anda menjadi sasaran empuk bagi hacker.

Penggunaan Kata Sandi yang Sama: Menggunakan kata sandi yang sama untuk berbagai akun mempermudah hacker untuk mengakses semua akun Anda jika salah satu akun berhasil diretas.

2. Unduhan Aplikasi dari Sumber Tidak Terpercaya

Aplikasi Palsu: Penyebab hp diretas bisa dikarenakan dari aplikasi yang diunduh dari sumber tidak resmi seringkali mengandung malware yang dapat merusak sistem ponsel dan mencuri data pribadi.

Pembaruan Aplikasi: Selalu perbarui aplikasi Anda ke versi terbaru untuk menutup celah keamanan yang mungkin ada.

3. Koneksi Wi-Fi Publik yang Tidak Aman

Jaringan Tidak Terenkripsi: Saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik yang tidak terenkripsi, data Anda dapat dengan mudah disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Hotspot Palsu: Hati-hati dengan hotspot palsu yang dibuat oleh hacker untuk menjebak pengguna.

4. Phishing

Email Phishing: Serangan phishing seringkali dilakukan melalui email yang mengatasnamakan lembaga atau perusahaan terpercaya. Email ini biasanya berisi tautan berbahaya yang mengarahkan Anda ke situs palsu.

Kategori :