Mahasiswa KKN Umus Brebes Berdayakan Potensi Lokal Desa Capar Kabupaten Tegal

Jumat 13-09-2024,09:30 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhadi Setiabudi (Umus) sukses menyelesaikan program KKN di Desa Capar, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal yang berlangsung dari  18 Juli hingga 26 Agustus 2024. Dengan mengusung tema ‘Desa Capar Menggali Potensi Lokal dengan Sentuhan Teknologi Sederhana untuk Masa Depan Berkelanjutan’. kegiatan bertujuan untuk mengembangkan potensi lokal masyarakat Desa Capar melalui penerapan teknologi sederhana yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Pelaksanaan KKN berlandaskan regulasi desa pada laporan akhir yang dipresentasikan di hadapan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:UKSW Tawarkan Inovasi Gandum Pengganti Nasi di Program MBG

Mahasiswa UMUS memaparkan dasar hukum pelaksanaan KKN 2025 dengan  merujuk pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa serta Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 yang mengatur peran desa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. 

"Dengan dasar hukum tersebut, program KKN di Desa Capar bertujuan untuk mendukung kemandirian desa melalui partisipasi aktif mahasiswa dan masyarakat. Dalam menggali potensi ekonomi dan sosial lokal," kata Dosen Pembimbing Ghufron.

BACA JUGA:Bupati Demak: Pelatihan Berbasis Kompetisi untuk Tekan Kemiskinan

Dari permasalahan Desa Capar terbagi menjadi permasalahan macro meliputi keterbatasan infrastruktur pengairan desa, kurangnya pengetahuan dan akses teknologi serta dukungan pembiayaan yang terbatas. Sedangkan permasalahan macronya adalah keterbatasan akses terhadap teknologi serta kesulitan dalam pendanaan lokal (desa). 

"Adapun metode yang digunakan menggunakan metode alam sebelum adanya inovasi dan sesudah adanya inovasi," pungkasnya.

Kategori :