Lalai Kompor Tidak Dimatikan, Rumah di Balapulang Kabupaten Tegal Terbakar

Jumat 30-08-2024,16:15 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Disinyalir karena lupa mematikan kompor, sebuah rumah warga di RT 01 RW 07 Desa Balapulang Wetan, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka.

Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi melalui Kabid Penanggulangan Kebakaran Suwitno menuturkan, rumah yang terbakar itu milik Aminah, 70. Aminah tinggal bersama anaknya, Chumaidi, 36, dan menantunya serta ketiga cucunya. 

BACA JUGA:Berdayakan UMKM Bersertifikat Halal

Kala itu, saksi mata melihat ada kepulan asap dan kobaran api di dalam rumah tersebut sekitar pukul 11.10 WIB. Warga kemudian berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, api tak kunjung padam. Justru api semakin membesar.

Warga pun bergegas melaporkan peristiwa itu ke petugas Damkar Kabupaten Tegal.

"Personel kami datang ke lokasi sekitar pukul 11.45 WIB. Mereka langsung melakukan penanganan. Dan pukul 13.00 WIB, api berhasil dipadamkan. Sepertinya, penyebab kebakaran ini dari kompor," kata Suwitno.

BACA JUGA:Dinsos Ciptakan Kesamaan Persepsi Program Sembako

Sementara, sumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal menyebutkan, saat peristiwa itu terjadi, pemilik rumah Aminah sedang menjemur cucian di sekitar rumahnya. 

Sedangkan di dalam rumah, hanya ada 3 cucunya yang sedang bermain. Sekitar pukul 11.20 WIB, ketiga anak tersebut berteriak meminta tolong karena ada kebakaran. 

Tetangga korban yang mendengar teriakan itu langsung mendatangi lokasi. Ternyata, api yang berasal dari dapur semakin membesar. Sehingga warga ramai-ramai memadamkan api dengan alat seadanya. 

BACA JUGA:Dinas Perkim Ingatkan Laporan Pertanggungjawaban Pengunaan Bantuan RTLH

Warga juga menghubungi petugas Damkar dan Satgas BPBD. Beruntung, api berhasil dijinakkan. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu. Hanya saja, dapur dan peralatan rumah korban hangus terbakar.

Adapun, petugas yang melakukan pemadaman yakni, Damkar, BPBD, anggota TNI, Polri, pemerintah desa, relawan Destana Balapulang dan warga sekitar.

"Kemungkinan penyebab kebakaran ini dari kompor yang lupa dimatikan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal, Eliya Hidayah. (adv)

Kategori :

Terpopuler

Jumat 30-08-2024,04:00 WIB

6 Cara Mengatasi Hp Update Sendiri

Jumat 30-08-2024,06:00 WIB

9 Handphone Fast Charging Terbaik

Jumat 30-08-2024,13:30 WIB

10 Tips Lolos Pengajuan KPR