Ketua IPSI Kabupaten Tegal Janji akan Majukan Prestasi Pencak Silat

Rabu 28-08-2024,11:30 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Agus Solichin terpilih lagi sebagai Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tegal masa bakti 2023-2024. Usai dilantik, Agus Solichin yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal berjanji bakal memajukan prestasi pencak silat Kabupaten Tegal.

"Kami juga akan berupaya menjaga kerukunan antar pesilat-pesilat se Kabupaten Tegal. Sehingga tidak terjadi gejolak seperti daerah lain," kata Agus.

Pengkab IPSI Tegal ini terdiri dari 39 orang. Mereka merupakan perwakilan dari perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Pastikan Jantung Tetap Sehat, Sambut Kemerdekaan dengan Orang Terdekat

Para pengurus IPSI ini dilantik oleh Wakil Ketua Umum III Pengprov IPSI Jawa Tengah H Edy Pramono SPd didampingi Sekretaris Umum Pengprov IPSI Jawa Tengah Kuncoro Dwi Wibowo SPd MPd.

Pelantikan dipusatkan di Aula SMA Negeri 3 Slawi. Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Umum II KONI Kabupaten Tegal Khafid Khuzaini dan perwakilan perguruan pencak silat se-Kabupaten Tegal. Pelantikan diwarnai dengan penampilan atraksi kanuragan dari Perguruan Ragajati Kabupaten Tegal.

Menurut Agus Solichin, prosesi pelantikan ini harusnya dilaksanakan pada April 2023. Namun diundur karena ada Pemilu 2024.

BACA JUGA:Tetangga Beberkan Pembunuhan Ustad di Cergomas Slawi

"Program kerja kami ke depan adalah, salah satunya menata padepokan pencak silat yang berada di hutan kota Gor Trisanja serta akan mengadakan festival pencak silat," kata Agus Solichin.

Agus tak menampik, prestasi cabang olahraga pencak silat Kabupaten Tegal banyak yang diraihnya. Diantaranya, di ajang Pekan Olahraga Daerah (Popda) tingkat eks Karesidenan Pekalongan pada 24 April 2024 di Batang. 

"Waktu itu, atlet-atlet pencak silat Kabupaten Tegal berhasil membawa 9 medali yang terdiri dari 3 emas, 2 perak, 4 perunggu," ucapnya.

BACA JUGA:3.500 Peserta Ikuti Jalan Sehat

Sementara ketika Popda Jawa Tengah pada 21-23 Juni 2024 di Semarang, para atlet pencak silat Kabupaten Tegal meraih 2 medali.

"Medali ini turut serta meningkatkan peringkat prestasi olahraga Kabupaten Tegal di tingkat Jawa Tengah. Dari sebelumnya tahun 2023 hanya peringkat 35, kini menjadi peringkat 32 di tahun 2024," pungkasnya.

Kategori :