SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Ikuti Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Minggu 25-08-2024,15:00 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - SMP Negeri 1 Balapulang mengikuti gerakan nasional aksi bergizi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dan Puskesmas Balapulang.Gerakan tersebut  merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran remaja usia sekolah. Untuk membiasakan mengonsumsi makanan sehat setiap hari dan mengonsumsi tablet tambah darah khusus untuk remaja putri serta aktivitas fisik.

Kegiatan ini di buka oleh Kepala SMP Negeri 1 Balapulang Nuridin SPd, dalam sambutannya dia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus karena sesuai dengan program yang ada di Spensaba yaitu sekolah sehat. Ada beberapa rangkaian dalam kegiatan ini antara lain senam bersama, sarapan sehat bersama, minum tablet tambah darah bersama, skrining dan cek kesehatan mata. 

BACA JUGA:DPD PAN Kabupaten Pemalang Resmi Dukung Mansur-Bobby

Dalam kegiatan hari ini, siswa disuruh membawa bekal sendiri dari rumah dan air putih.Selanjutnya dr Dyah Elly Setyaningsih menyampaikan bahwa gerakan nasional aksi bergizi adalah program dari menkes untuk mendeteksi penyakit tidak menular. Salah satunya melakukan aktivitas fisik, seperti senam, makan sehat dan pengecekan skrining ptm, dan sekrening anemia.

Gerakan ini  bertujuan untuk mendeteksi awal penyakit tidak menular, untuk pencegahan amenia, darah tinggi, dengan menjaga pola makan dan aktifitas fisik secara rutin. Dari pihak kesehatan, khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dan Puskesmas Balapulang berharap khususnya untuk anak-anak usia produktif atau remaja yang ada di Indonesia. Anemia itu tidak ada atau zero. Jika anemia tidak ada, maka stunting juga tidak ada karena masuknya stunting itu pertamanya pada anemia yang akan melahirkan generasi stunting. 

 

Kategori :