Cara Mengamankan Kontak Pribadi dari Pinjaman Online

Rabu 14-08-2024,14:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Dengan demikian, aplikasi tidak akan dapat mengirimkan permintaan akses kontak.

2. Jangan Meminjam di Pinjaman Online Ilegal

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah aplikasi yang kamu gunakan untuk meminjam uang. Hindari meminjam uang dari pinjaman online ilegal, kamu bisa memeriksanya di daftar pinjaman yang terdaftar di OJK.

Pinjaman online resmi umumnya lebih menjaga kerahasiaan informasi pribadi nasabah dan menawarkan suku bunga yang lebih rendah. Sementara itu, pinjaman online ilegal cenderung menyalahgunakan data kontak yang ada di ponselmu.

BACA JUGA:Apakah Utang Pinjol Bisa Hangus Jika Tidak Dibayar? Ini Penjelasannya

3. Perbarui Aplikasi

Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari aplikasi pinjaman online. Pembaruan terkadang menawarkan opsi yang lebih baik dalam mengelola izin dan privasi.

Namun, ingatlah bahwa beberapa aplikasi mungkin masih memerlukan akses tertentu agar dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk membaca dengan teliti sebelum mengubah izin atau menggunakan aplikasi tersebut.

4. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Transaksi pinjam meminjam uang adalah aktivitas yang memerlukan kehati-hatian, termasuk dalam memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

Anda perlu membaca dan memahami persyaratan yang ditetapkan dengan seksama. Jangan mudah tergoda oleh penawaran yang tampak menguntungkan.

Teliti terlebih dahulu apakah ada syarat yang tidak wajar. Jika Anda menemukan ketentuan yang mencurigakan atau tawaran yang terlalu berlebihan, sebaiknya batalkan saja.

BACA JUGA:Catat! Begini Cara Melunasi Utang Pinjol

Demikian ulasan beberapa cara mengamankan kontak pribadi dari jeratan pinjaman online dari penagih utang. Jika Anda mengalami masalah atau kesulitan dalam membayar pinjaman, sebaiknya hubungi pusat layanan pelanggan dari aplikasi pinjaman tersebut. Semoga bermanfaat.

Kategori :