MAN Kota Tegal Luncurkan Program Inovasi Kelas XI Vokasi

Kamis 08-08-2024,10:45 WIB
Reporter : K. Anam Syamahdani
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Tegal resmi meluncurkan Program Inovasi Kelas XI Vokasi Tahun Ajaran 2024/2025 di Masjid Nurul Hikmah, sekolah setempat. Program ini bekerjasama dengan SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 3 Kota Tegal.

Acara tersebut dihadiri Kepala MAN Kota Tegal Dr Drs H Tobari MAg, Kepala SMK Negeri 1 Kota Tegal Agus Darmono MPd, Kepala SMK Negeri 3 Kota Tegal Hj Sri Indrawati MPd, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Tegal Sumaryono SE MM, Ketua Komite MAN Kota Tegal H Shobirin SAg MPd, guru masing-masing program, dan perwakilan orang tua siswa.

BACA JUGA:Kemen PAN RB Apresiasi Rumah Pelita Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Tegal

Kepala MAN Kota Tegal Dr Drs H Tobari MAg mengatakan, program ini dilakukan untuk mempersiapkan siswa memiliki keterampilan yang diminati dalam waktu singkat sesuai dengan jadwal blok yang telah ditentukan. Kedua, mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja, yaitu berupa keterampilan, kecakapan dan sikap yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Ketiga membantu mengembangkan potensi karir sesuai minat dan bakat siswa. Keempat mempersiapkan siswa untuk mendapatkan pengalaman kerja melalui magang di perusahaan mitra sekolah. 

BACA JUGA:Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Jembatani Dialog Sistem Upah Volume Based

“Kemudian memperluas kesempatan kerja lulusan kelas vokasi tidak hanya berbekal ijazah, tapi memiliki keterampilan, pengetahuan dan sikap yang dibutuhkan dunia kerja,” kata Tobari.

Wakil Kepala MAN Kota Tegal Bidang Kurikulum Turati MSi menyampaikan, ini terdiri dari tiga program. Yaitu Tata Boga dan Tata Kecantikan bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Kota Tegal. Sedangkan Program Teknik Elektro bekerja sama dengan SMK Negeri 3 Kota Tegal.

BACA JUGA:Bantuan Provinsi Jateng untuk Rehab 235 RTLH di Kabupaten Tegal

Kelas XI Vokasi diikuti oleh tiga kelas yaitu Kelas XI F, XI J, dan XI K sebanyak 120 siswa. Rinciannya Program Tata Boga sebanyak 60 siswa, Program Tata Kecantikan 19 Siswa, Program Teknik Elektro 41 siswa. 

“Pada Semester Pertama terdiri dari dua blok yaitu blok ke satu yaitu 26 sampai 31 Agustus 2024 dan blok ke dua 4 sampai 9 November 2024,” ucap Turati.

BACA JUGA:Anggota Satlinmas Kabupaten Tegal Diminta Tampil Berwibawa

Sementara itu, Koordinator P5PPRA dan Vokasi Hj Eti Purwatiningsih SPd menambahkan, dalam Program Kelas Vokasi siswa mendapatkan waktu magang pada mitra yang ditunjuk sekolah pada Juli atau saat libur kenaikan kelas. 

“Siswa mendapatkan sertifikat keahlian setelah ujian kompetensi saat Kelas XII Semester Pertama,” jelas Eti.

Kategori :