Bekali Pekerja Migran Purna Melalui Pelatihan Pengelolaan Ikan

Senin 05-08-2024,14:15 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Upaya membekali pekerja miigran yang telah purna bersama keluarganya  ditempuh Dinas Peritransnaker Kabupaten Tegal melalui pelatihan pengelolaan ikan. Diharapkan,dari pelatihan ini mereka dapat berkompetisi dan mengembangkan usaha produktif di wilayah Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro menyatakan, kegiatan kali  ini didukung Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Tengah dan pemerintah Desa Suradadi. Pihaknya sangat mengapresiasi upaya BP3MI Jawa Tengah yang telah menyelenggarakan pelatihan ini.

BACA JUGA:SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka dan Al Islam Kemuhammadiyahan 

"Hal ini sebagai salah satu langkah nyata dalam memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan mereka," ujarnya, Senin (5/8/2024).

Desa Suradadi dan sekitarnya memiliki potensi yang sangat besar dalam sektor perikanan dan kelautan. Beberapa potensi wilayah yang ada, diantaranya teri nasi di Desa Larangan, Kecamatan Kramat yang terkenal dengan kualitasnya yang tiggi dan sudah menjadi salah satu komoditas unggulan diwilayah Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Latihan Calon Paskibraka dari 38 Provinsi Mulai Dilakukan di Cibubur

Selebihnya, ada terasi di Suradadi yang merupakan salah satu hasil olahan ikan dan mempunyai  nilai jual tinggi serta sangat diminati bai pasar lokal maupun nasional. Selebihnya, hasil  tangkapan nelayan yang melimpah diwilayah pesisir Kabupaten Tegal dikenal dengan hasil tangkapan ikan yang menjadi sumber penghidupan bagi banyak nelayan.

"Keberadaan tambak bandeng di sepanjang  Pantura menghasilkan bandeng berkualitas tinggi dan berkontribusi besar pada perekonomian daerah," ungkapnya.

BACA JUGA:Pendapatan Daerah Naik 0,60 %, Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tegal Pertanyakan Rinciannya

Dengan adanya pelatihan ini, pihaknya  berharap para peserta dapat memanfaatkan potensitersebut secara optimal, mengembangkan keterampilan, dan mengelola usaha perikanan dengan lebih profesional. Ada banyak ide usaha yang bisa dikembangkan dari hasil laut yang melimpah di daerah. kita, seperti:

Pihaknya berharap bahwa pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi kalian semua. 

BACA JUGA:PD Salimah Kota Tegal Adakan Gebyar Muharram

"Jadikanlah kesempatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kapasitas diri, berinovasi dan berkontribusi lebih besar dalam perekonomian daerah," tegasnya. (adv)

Kategori :