5 Ciri Hp Disadap DC Pinjol Ilegal

Jumat 02-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Ciri-ciri HP disadap DC pinjol ilegal perlu kalian ketahui. Pasalnya, tidak sedikit nasabah pinjaman online merasa ponselnya diretas oleh Debt Collector (DC). Mereka akan melakukan berbagai aksi untuk mendapatkan uangnya kembali. 

Terdapat beberapa ciri-ciri HP disadap DC pinjol ilegal yang bikin resah dan bisa kalian cek sekarang. Sebab terkadang korban penyadapan ini tidak mengetahui bahwa ponselnya telah sadap oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Penyebaran pinjol ilegal kini semakin marak, yang membawa bahaya bagi yang terlanjur terjerat ke dalamnya. Para DC ilegal ini seringkali menggunakan cara yang tidak wajar untuk menagih utang para nasabahnya. Untuk itu, kalian harus lebih waspada dan perlu tahu ciri-ciri HP disadap DC pinjol ilegal. 

Penting sekali bagi pengguna pinjol untuk mengetahui ciri-ciri HP disadap DC pinjol ilegal, karena kedepannya tidak akan tahu bahaya dan risiko apa yang terjadi jika ponsel sudah diretas. Maka lebih waspada dan berhati-hatilah. 

BACA JUGA:6 Cara Mudah Menghentikan HP Disadap Jarak Jauh, Berikut Cara Mengetahui Penyadapan

Melansir dari kanal YouTube Bang Tri, pada Sabtu, 22 Juni 2024, bahwa pertama-tama kalian harus tahu ada dua cara untuk menyadap HP kalian, sebagai berikut: 

  • Malware atau perangkat pembaharuan
  • Malware ini merupakan salah satu aplikasi yang ada virus sehingga menyusup ke sebuah sistem. Jika kalian masuk ke web yang tidak aman seperti situs porno atau yang lainnya itu akan ada malware yang bisa install. Maka akan langsung dilacak oleh DC pinjol, itu bisa menjadi indikasi kuat.

  • Melalui izin aplikasi di Play Store
  • Jika kalian sudah mengizinkan aplikasi membuka kontak, membuka galeri, atau akses lainnya. Saat kalian klik "Izinkan" maka otomatis HP kalian akan terhubung ke server DC pinjol. Sehingga data-data kalian akan ditransfer langsung ke DC pinjol ilegal tersebut.

    Ciri-ciri HP Disadap DC Pinjol Ilegal 

    BACA JUGA:Segera Amankan Data Anda, Begini 5 Cara Efektif Mengatasi HP Disadap Pinjol

    1. Kuota Internet

    Ciri-ciri HP disadap DC pinjol ilegal yaitu kuota internet cepat habis. Jika kuota internet kalian cepat habis bisa jadi karena ada sistem konfigurasi antara HP kalian dengan server DC pinjol. Hal ini bisa terjadi karena hacker itu biasanya untuk terhubung antara DC dengan nasabah pinjol melalui internet.

    2. Privasi Keamanan Ponsel Hilang

    Beberapa isu yang beredar ini tentang foto di galeri kontak di HP kalian langsung ditransfer atau masuk ke server DC pinjol. Ini sangat berbahaya sekali jika kalian masuk, melakukan atau yang tidak waspada tentang ini.

    3. Terdapat Panggilan atau Pesan dari Nomor yang Tidak Dikenal

    Kategori :