5 Ciri Hp Disadap DC Pinjol Ilegal

Jumat 02-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Ciri-ciri HP disadap DC pinjol ilegal berikutnya yaitu terdapat panggilan atau pesan dari nomor yang tidak dikenal. Hal ini banyak terjadi jika kalian mengetahui ada panggilan dari nomor yang tidak dikenal kalian harus curiga jika itu salah satu cara untuk DC menagih utang

Sebab, DC tahu nomor kontak kaian lantaran sudah sering menghubungkan atau mengizinkan aplikasi tersebut untuk terhubung ke DC pinjol. Maka tak heran bisa menyadap kontak nasabah pinjol.

BACA JUGA:Amankan Data Anda, Begini Cara Mengatasi Hp Disadap Pinjol dengan Tepat

4. Ponsel Terasa Lambat atau Panas

Ini terjadi karena pinjol ilegal membutuhkan faya komputasi yang tinggi, seperti menambang cryptocurrency. HP baterainya cepat terkuras habis karena proses transfer data itu memerlukan kuota besar, dan daya yang banyak.

5. Aplikasi Tak Dikenal Terinstal Sendiri

Ini juga banyak terjadi, kalian wajib cek aplikasi yang sudah install. Jika ada satu aplikasi baru di HP tanpa install bisa jadi itu termasuk malware atau virus yang ditanamkan oleh DC melalui aplikasi untuk menyadap ponsel.

Hal ini agar terhubung langsung ke server DC pinjol. Ini bisa menjadi indikasi kuat jika ada penyadapan di HP. Jadi, diharap nasabah pinjol berhati-hari. Waspada aplikasi-aplikasi yang tidak dikenal, dan wajib diuninstal saja agar tidak terjadi penyadapan.

Solusi Agar HP Tidak Disadap 

1. Uninstall aplikasi pinjol ilegal

Ini berbahaya sekali karena aplikasi pinjol ilegal rata-rata berisikan Malware. Jangan pernah instal aplikasi pinjol ilegal ini sangat berbahaya sekali dan paling penting kalian harus rajin untuk membersihkan Chace HP.

BACA JUGA:Kenali 8 Ciri-ciri HP Disadap Pinjol agar Tidak Disalahgunakan, Berikut Cara Cek Keamanan USSD

2. Buka aplikasi yang ada di HP 

Coba buka satu persatu aplikasi yang mencurigakan di HP. Jika aplikasi yang mencurigakan segera uninstall agar aman dari penagihan DC yang kerjanya menyadap HP.

Hal ini penting sekali untuk membersihkan sampah-sampah di HP. Jika tidak dibersihkan nanti akan mengganggu kalian di kemudian hari.

Kalian harus cek HP secara berkala, jika ponsel panas ujung-ujungnya kuota cepat habis. Jika kalian merasa HP sudah panas bisa menjadi indikasi kuat ponsel kalian sudah disadap Debt Collector.

Kategori :