Kevin Lilliana Ajak Anak Muda Terapkan Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Rabu 31-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Rochman Gunawan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, JAKARTA - Mengaplikasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari ternyata sangat mudah dan sederhana.

Hal tersebut disampaikan oleh Kevin Lilliana Junaedy yang merupakan seorang model dan ratu kecantikan Puteri Indonesia 2017.

Kevin menyayangkan bahwasanya pembacaan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekolah maupun lembaga pendidikan saat ini hanya dianggap sebagai formalitas saja.

Padahal menurut Kevin, nilai-nilai pancasila sangat mudah diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:DPRD Usulkan Pembangunan Halte di Depan Pasar Margasari Tegal

"Kadang tuh anak-anak sekarang baca nilai-nilai pancasila itu cuma buat formalitas saja, tanpa memahami nilai-nilai pancasila itu apa sih yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari," kata Kevin.

Kevin memberi contoh bahwasanya tak harus menjadi seorang negarawan maupun tokoh yang disegani dahulu untuk mengaplikasikan nilai pancasila.

Namun ternyata, ada nilai-nilai pancasila yang sudah diterapkan anak-anak muda dalam kehidupan sehari-hari, namun belum disadari.

"Jadi, kadang oh pancasila kita harus jadi negarawan atau jadi seorang tokoh baru bisa menerapkan nilai pancasila, padahal nilai-nilai itu bisa diaksanakan sehari-hari," terangnya.

BACA JUGA:Pelatihan Destana untuk Warga Prupuk Utara Kabupaten Tegal

Seperti contoh nilai ketuhanan yang maha esa itu dengan kita menjalankan perintah agama kita masing-masing, itu kita sudah menerapkan nilai pancasila. Seperti agama islam kita solat lima waktu, nasrani ke gereja, seperti itu.

Untuk itu, Kevin mengajak anak-anak muda untuk lebih memahami lebih dalam arti nilai-nilai pancasila, sehingga bisa diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang sederhana.

"Pancasila kayanya itu susah banget diaplikasikan, tapi kalo kita pahami artinya masing-masing, itu sebetulnya udah kita lakukan lewat kehidupan sehari-hari," tandasnya

Pentingnya Peran BPIP Gaungkan Nilai Pancasila

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berperan penting dalam menguatkan peran pancasila sebagai ideologi negara.

Kategori :