Pelatihan Destana untuk Warga Prupuk Utara Kabupaten Tegal

Pelatihan Destana untuk  Warga Prupuk Utara Kabupaten Tegal

BEKAL MATERI - Relaewan BPBD memberikan bekal materi pada pelatihan relawan bencana Desa Prupuk Utara.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Paska dibentuknya Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Prupuk Utara. Pihak desa melakukan kolaborasi dengan BPBD Kabupaten Tegal untuk mengadakan pelatihan bagi warganya.

Kalak BPBD Elliya Hidayah melalui relawan Wiwit Rian menyatakan bahwa Kades Prupuk Utara Sri Lastari Katur Daryati berharap melalui pelatihan ini warga desanya bisa memahami kesiap siagaan menghadapi ancaman bencana. Masyarakat yang dilibatkan dalam pelatihan terdiri dari 4 RW. Mulai dari Linmas, tenaga medis atau bidan desa, dan tokoh masyarakat dilatih untuk siap menghadapi bencana.

BACA JUGA:Pelatihan Astra Basic Manajemen Program dan Komputer

"Terutama banjir yang menjadi langganan tiap tahun di desa tersebut," ujarnya, Rabu (31/7/2024).

Pelatihan yang digelar selama 3 hari tersebut mencakup pembuatan renkon kebencanaan, pembentukan relawan PB, dan diakhiri dengan simulasi. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk warga untuk memahami pencegahan, menghadapi bencana hingga proses evakuasi. 

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Sidak Progres Perbaikan RTLH

Diharapkan, setelah kegiatan ini berlangsung, di Prupuk Utara warga mampu untuk mencegah banjir datang, atau paling tidak mengurangi risiko yang besar. Permbertukan Destana ke tujuh di tahun 2024 fokus di wilayah Prupuk Utara. Sesuai rencana, di bulan Agustus nanti, Destana baru akan diwujudkan di wilayah Bumijawa.

"Menjadi Destana ke delapan tahun ini  sekaligus yang terakhir di tahun anggaran 2024," ungkapnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: