Puskesmas Pagerbarang Kabupaten Tegal Gencarkan Prolanis

Selasa 30-07-2024,14:35 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas/PKM) Pagerbarang ,Kabupaten Tegal kembali gencarkan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para penderita penyakit kronis (DM dan HT).

Kepala Puskesmas Pagerbarang dr Endah Rahmawati mengungkapkan, belakangan ini penyakit kronis menempati urutan atas penyebab kematian di Indonesia. Termasuk di Puskesmas Pagerbarang, juga ada penderita Diabetes Melitus dan Hipertensi. Jumlahnya tiap tahun kian bertambah.

BACA JUGA:Waspada! Marak Pencurian Meteran Air di Kabupaten Tegal

Karena itu, salah satu upaya Puskesmas Pagerbarang untuk meningkatkan kualitas hidup para penderita kronis agar lebih optimal yaitu dengan mengadakan kegiatan Prolanis

Kegiatan ini meliputi senam sehat bersama (1 kali dalam sebulan), penyuluhan kesehatan terkait DM dan HT, konsultasi medis, pemantauan status kesehatan dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium (gula darah).

Selain itu, juga pemeriksaan kimia darah (profil lemak dan fungsi ginjal), pengobatan rutin bulanan dan reminder melalui WAG (WhatsApp grup).

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Fasilitasi Rehabilitasi Disabilitas Intelektual

"Tujuan kegiatan prolanis ini adalah, untuk mendukung penderita penyakit kronis agar mencapai kualitas hidup optimal. Dan juga untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan pencegahan komplikasi pada pasien," kata Endah Rahmawati, Selasa (30/7/2024).

Dia menuturkan, prolanis ini dilaksanakan di Puskesmas Pagerbarang setiap bulan di hari Kamis, minggu ke empat. Prolanis didirikan di puskesmas tersebut sejak 25 Januari 2024 yang terdiri dari 2 tim. Mereka yakni, tim pasien prolanis dan petugas prolanis dari PKM Pagebarang.

BACA JUGA:Dinas Porapar Kabupaten Tegal Siapkan Lelang Investor Kolam Renang Bangun Tirta

Untuk tim petugas terdiri dari koordinator pelayanan prolanis, koordinator PTM, dokter, promkes, dan rekam medis. Kemudian tim peserta pasien yaitu penderita DM dan HT dari 13 desa di wilayah kerja PKM Pagebarang.

Antara lain, Desa Pagerbarang, Rajegwesi, Karanganyar, Kedungsugih, Kertaharja, Pesarean, Surokidul, Randusari, Mulyoharjo, Sidomulyo, Semboja, Srengseng dan Jatiwangi.

"Total peserta Prolanis pada Minggu 14 Juli 2024 di PKM Pagerbarang sebanyak 27 orang," pungkasnya. (adv)

Kategori :