Sebelum PKL, Pelajar SMK Peristek Pangkah Kabupaten Tegal Digembleng

Senin 22-07-2024,11:00 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Sebelum melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL), seluruh pelajar kelas XII SMK Peristek Pangkah digembleng. Dipimpin langsung oleh Kepala SMK Peristek Pangkah H Sukadi selama 4 hari.

Menurut Sukadi, menjaga nama baik sekolah selama PKL itu sangat penting. Diharapkan, para peserta didik yang melaksanakan PKL supaya dapat menjaga perilaku dan selalu disiplin serta berpakaian yang rapi.

"Semoga anak-anak didik kami dapat melaksanakan PKL dengan baik dan profesional," ucapnya.

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Kembali Fasilitasi Penyaluran Bantuan Atensi Sentra Terpadu Kartini

Selain mendapat pembekalan, para pelajar kelas XII ini juga diminta untuk pengisian jurnal, absensi, dan kerangka penilaian. 

Mereka juga diwanti-wanti agar selalu menjaga tata tertib PKL, etika, dan tata tertib di dunia kerja. Para pelajar ini juga menerima pembekalan tentang Keselamatan serta Kesehatan Kerja (K3). Termasuk juga motivasi diri dan motivasi kerja. 

Pembekalan ini tidak hanya dari kepala sekolah, tapi juga diberikan oleh kepala jurusan dan guru produktif di masing-masing bengkel. Tujuannya untuk memastikan kesiapan mereka saat terjun di lapangan selama enam bulan ke depan.

BACA JUGA:Adakan Peringatan Hari Koperasi di Halaman Trasa Kabupaten Tegal

"Kita juga memberikan pembekalan tentang pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan untuk menjalani PKL dengan baik," sambung Sukadi.

Sukadi menghendaki, para orangtua peserta didik agar mendukung anaknya untuk melaksanakan PKL. Berikanlah motivasi dan semangat. Sehingga pelaksanaan PKL bisa berjalan dengan lancar.

"Karena tanpa orangtua atau wali, usaha yang dilakukan tentu tidak berjalan optimal," ucapnya.

BACA JUGA:Radar Tegal Group Berbagi di Bulan Muharam

Diharapkan pula, setelah melaksanakan PKL, para peserta didik mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Sehingga ke depan dapat menunjukkan aktualitasnya. 

"Semoga bisa menjadi generasi bangsa yang bisa dipertanggung jawabkan," tutupnya.

Kategori :