Hadir dengan Fitur-fitur Canggih, Begini Kualitas Prosesor Kuat HP Snapdragon 8 Gen 3

Kamis 18-07-2024,06:10 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Pasar Smartphone dunia sedang ramai karena salah satu prosesor terkuat yang pernah dibuat akhirnya diluncurkan, yaitu Snapdragon 8 Gen 3 dari Qualcomm. Chipset ini membawa banyak peningkatan signifikan yang berfokus pada pengalaman pengguna yang lebih baik.

Snapdragon 8 Gen 3 merupakan merek prosesor SoC yang dikembangkan oleh Qualcomm Technologies, Inc. Prosesor ini digunakan dalam berbagai perangkat elektronik, terutama Smartphone. 

Snapdragon 8 Gen 3 terkenal karena kinerjanya yang unggul, efisiensinya yang tinggi, dan kemampuannya untuk menangani tugas-tugas yang intensif seperti gaming. Salah satu faktor kunci dalam pengalaman gaming yang memuaskan adalah prosesor yang digunakan dalam perangkat. 

BACA JUGA: Performa Lebih Kencang Berkat HP Gaming Snapdragon 865 Terbaik

Snapdragon 8 Gen 3 dengan reputasinya yang kokoh dalam industri Smartphone, telah menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna yang menginginkan kinerja terbaik untuk gaming.

HP Snapdragon 8 Gen 3

1. Xiaomi 14

Xiaomi 14 adalah HP Snapdragon 8 Gen 3 Xiaomi yang pertama kali hadir di Indonesia. HP ini datang dengan tiga opsi warna yakni Black, White, dan Jade Green.

Ditenagai oleh salah satu prosesor terkuat, Xiaomi 14 menawarkan kapasitas RAM besar 12 GB, dengan dukungan memori internal seluas 256 GB.

Layar berukuran 6.36 inci yang menjadi andalannya, sudah menggunakan panel AMOLED dan mendukung refresh rate 120Hz. Layar ini dilengkapi dengan Dolby Vision serta mampu menghasilkan visual berkualitas 2670 x 1200 piksel.

BACA JUGA: OnePlus Pad Pro, Tablet Android yang Tangguh dengan Snapdragon 8 Gen 3

Sisi fotografi, Xiaomi 14 dibekali dengan kamera utama Leica beresolusi 50 MP. Kamera ini hadir bersama kamera telefoto Leica 32 MP dan kamera ultrawide Leica 50 MP dalam modul triple camera di panel belakangnya, sementara di sisi depan, ada kamera selfie 32 MP.

Keseluruhan performa dari Xiaomi 14 didukung oleh hadirnya baterai berkapasitas 4610 mAh yang sudah mendukung teknologi HyperCharge 90W untuk mengisi secara cepat. Xiaomi mengklaim baterai bisa terisi dari nol hingga penuh dalam waktu 31 menit.

2. Rog Phone 8 Pro Edition

Rog Phone 8 Pro Edition merupakan model tertinggi dari rangkaian Rog Phone 8 Series yang rilis di Indonesia. HP yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 3 ini membawa RAM 24 GB, dengan ruang penyimpanan internal 1 TB.

BACA JUGA: Hampir Setara ROG Phone 8 Pro, Ini 5 HP Chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang Sangat Cocok untuk Ngegame

Pada sisi depan, hadir layar AMOLED berukuran 6.78 inci yang sudah mendukung refresh rate 165Hz. Layar ini dilapisi oleh pelindung Corning Gorilla Glass Victus, dan menjadi tempat untuk kamera depan beresolusi 32 MP.

Ke sisi belakang, Rog Phone 8 Pro Edition mengusung modul triple camera yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera telefoto 32 MP.

Keseluruhan performa dari Rog Phone 8 Pro Edition didukung oleh baterai berkapasitas 5500 mAh yang sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat 65W.

3. Rog Phone 8 Pro

Selanjutnya, Rog Phone 8 Pro hadir dengan mengusung layar AMOLED berukuran 6.78 inci yang sudah mendukung refresh rate hingga 165Hz sebagai salah satu HP gaming terbaik di pasaran.

BACA JUGA: Hp Oppo Reno 7, Smartphone Snapdragon Dengan Desaign Menawan Terbaik 2024

Smartphone yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 3 ini membawa varian RAM 16 GB dengan memori internal 512 GB. Kapasitas yang cukup besar untuk mendukung berbagai aktivitas gaming dan produktivitas.

Untuk kebutuhan fotografi, Rog Phone 8 Pro dibekali dengan modul triple camera yang terdiri dari kamera utama 50 MP berlensa wide, kamera telefoto 32 MP, serta kamera ultrawide 13 MP. Pada sisi depan, terdapat kamera selfie 32 MP.

Aktivitas gaming dapat dilakukan dengan maksimal berkat hadirnya baterai jumbo berkapasitas 5500 mAh yang sudah mendukung teknologi fast charging dengan daya pengisian 65W yang diklaim dapat mengisi baterai dari nol hingga penuh, dalam waktu 39 menit.

BACA JUGA: Desain Glossy Hp Keluaran Terbaik Ditopang Prosesor Snapdragon dan Charging Kencang

4. Rog Phone 8

Hadir dengan desain tipis yang berbeda dari generasi Rog Phone sebelumnya, Rog Phone 8 membawa layar AMOLED berukuran 6.78 inci yang sudah mendukung refresh rate 165Hz. Layar ini juga sudah mendukung HDR10.

Meski dirancang sebagai HP gaming, namun Rog Phone 8 tidak meninggalkan aspek lain dari fungsi smartphone, salah satunya adalah sisi fotografi yang membawa triple camera 50 MP + 13 MP + 5 MP, dan kamera depan 32 MP.

Ditenagai oleh prosesor kuat Snapdragon 8 Gen 3, Rog Phone 8 hadir dalam varian yang mengusung RAM 12 GB, dengan memori internal berkapasitas 256 GB untuk mendukung kinerja dan performa dari prosesornya.

BACA JUGA: Hp Samsung Galaxy M23 5G, Smartphone Dengan Chipset Snapdragon 750G 2024

Rog Phone 8 hadir dengan baterai jumbo berkapasitas 5500 mAh yang sudah mendukung teknologi HyperCharge yang diklaim mampu mengisi daya baterai dari nol hingga penuh dalam waktu 39 menit.

5. Samsung Galaxy S24 Ultra

Awal tahun 2024 menjadi momen penting bagi Samsung, karena akhirnya HP Snapdragon 8 Gen 3 pertama mereka meluncur secara resmi ke pasaran, yaitu Samsung Galaxy S24 Ultra, yang merupakan varian model tertinggi dari jajaran Samsung Galaxy S24 Series.

Samsung Galaxy S24 Ultra dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 2X yang sudah mendukung refresh rate 120Hz. Pada sisi tengah atas layarnya, bertengger kamera depan punch hole yang memiliki resolusi 12 MP dengan lensa wide berukuran 26mm.

BACA JUGA: Performa Lebih Kencang Berkat HP Gaming Snapdragon 865 Terbaik

Ke panel belakang, terdapat modul quad camera dengan konfigurasi yang terdiri dari kamera wide 200 MP, kamera telefoto periskop 50 MP, kamera telefoto 10 MP, dan kamera ultrawide 12 MP.

Varian Samsung Galaxy S24 Ultra menawarkan 3 opsi dengan RAM 12 GB/256 GB, 12 GB/512 GB, dan 12 GB/1 TB. Ketiganya datang dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang sudah mendukung fast charging 45W.

6. iQOO 12

Terakhir ada iQOO memperkenalkan namanya di Tanah Air sebagai brand Smartphone pertama di Indonesia yang merilis HP Snapdragon 8 Gen 3. HP yang membawa desain spesial beraksen BMW M Motorsport melalui varian Legend ini memiliki keunggulan dalam hal performa.

BACA JUGA: Hp Terbaru dan Termurah dengan Snapdragon 680

Chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang menjadi sumber tenaganya, mendapatkan dukungan Supercomputing Chip Q1 yang membuat kinerjanya cepat dan mulus, apalagi dengan dukungan RAM 16 GB dan ruang penyimpanan internal seluas 512 GB.

Selain performa kuat, sektor kamera menjadi salah satu keunggulan lain dari iQOO 12, karena HP ini mengusung modul triple camera dengan konfigurasi kamera astrofotografi 50 MP, kamera wide 50 MP, dan kamera telefoto periskop 64 MP. Pada sisi depan, hadir kamera selfie 16 MP.

Sumber daya dari iQOO 12 didukung oleh hadirnya baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh. Baterai ini sudah mendukung teknologi fast charging dengan daya pengisian 120W.

Demikian ulasan HP Snapdragon 8 Gen 3 dengan dilengkapi teknoloi terkini, bermain game jadi lebih lancar dan gesit berkat chipset satu ini. Semoga bermanfaat.

Kategori :