Punya Skor Kredit Jelek? Begini Cara Mudah Memperbaiki Riwayat Kredit di BI Checking

Rabu 17-07-2024,16:15 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Cara memperbaiki riwayat kredit di BI checking tentunya menjadi sebuah hal yang banyak dicari terutama bagi peminjam. Hal ini menjadi sangat krusial sebab skor kredit dan BI checking menjadi salah satu pertimbangan dalam pengajuan pinjaman. 

Dalam era digital saat ini, pemahaman mengenai cara memperbaiki riwayat kredit di BI checking memegang peranan yang sangat krusial.

Skor kredit yang kurang baik bisa menjadi hambatan signifikan dalam proses pengajuan kredit, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Karena itu, sangatlah penting bagi setiap individu untuk memahami cara memperbaiki riwayat kredit di BI checking. 

Lantas, bagaimana cara memperbaiki riwayat kredit di BI checking? Dibawah ini ada beberapa solusi yang bisa kalian lakukan dan terapkan agar skor kredit kalian bersih dan memudahkan untuk pengajuan pinjaman kembali. 

BACA JUGA:Tips Membersihkan BI Checking dan Riwayat Kredit Buruk Agar Bisa Ambil KPR

Kalau pengajuan pinjaman kalian ditolak, bisa jadi skor BI Checking kalian dinilai tidak baik. Sebagai informasi, ada 5 skor dalam BI Checking di mana skor 1 artinya kredit lancar, skor 2 kredit dalam perhatian khusus, skor 3 kredit tidak lancar, skor 4 kredit diragukan, dan skor 5 kredit macet.

Berada di situasi yang mendesak tanpa pegangan uang merupakan hal yang meresahkan. Maka dari itu, simak tips berikut agar riwayat kredit kalian di BI Checking menjadi baik dan bisa mengajukan pinjaman untuk kebutuhan mendesak, sebagai berikut: 

1. Hubungi Lembaga Terutang dan Minta Surat Tanda Lunas

Cara memperbaiki riwayat kredit di BI checking yaitu dengan menghubungi lembaga terutang dan minta surat tanda lunas. Setelah membayar semua utang yang kalian miliki ada baiknya segera menghubungi tempat kalian berutang. Kabarkan kepada mereka bahwa kalian sudah membayar semua pinjaman.

BACA JUGA:Punya Riwayat Kredit Buruk? Ini yang Harus Dilakukan!

Yang lebih penting yaitu pastikan kalian mendapatkan surat tanda lunas utang. Selanjutnya siapkan semua berkas untuk dilaporkan ke BI Checking untuk memperbaiki riwayat kredit.

2. Lunasi Semua Utang 

Cara memperbaiki riwayat kredit di BI Checking berikutnya yaitu dengan melunasi semua utang yang dimiliki. Utang merupakan kewajiban yang harus dibayarkan oleh orang-orang yang melakukan.

Jika kalian memiliki lebih dari satu utang, kalian bisa mulai melunasinya dari utang dengan bunga paling besar terlebih dahulu. Utang dengan bunga yang besar bila dibiarkan sejatinya akan terus menambah nominal utang.

Selanjutnya tanamkan dalam pikiran kalian bahwa nilai utang maksimal yang harus dimiliki sebesar 30% dari pendapatan.

Kategori :