Kenali 8 Ciri-ciri HP Disadap Pinjol agar Tidak Disalahgunakan, Berikut Cara Cek Keamanan USSD

Sabtu 13-07-2024,21:29 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Penggunaan aplikasi pinjaman online alias pinjol di Indonesia cendurung lebih tinggi dan banyak para pengguna yang mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti HP disadap. Karena itu, perlu ketahui ciri-ciri HP disadap pinjol. 

Penting sekali bagi pengguna pinjaman online untuk mengetahui ciri-ciri HP disadap pinjol agar tidak disalahgunakan. Sebab kedepannya tidak akan tahu bahaya dan risiko apa yang akan terjadi jika ponsel telah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Terdapat beberapa ciri-ciri HP disadap pinjol yang harus kalian cek dan ketahui. Sebab terkadang bagi pengguna yang sudah terjerat tidak tahu bahwa ponselnya telah diretas oleh pihak pinjol yang tidak bertanggung jawab. Mereka akan melakukan berbagai aksi untuk mendapatkan uang tersebut. 

Lantas, apa saja ciri – ciri HP disadap pinjol? Buat yang ingin mengetahui apakah hp disadap pinjol atau tidak, simak ciri – ciri dan cara cek keamanan USSD di bawah ini.

BACA JUGA:Kenali 7 Ciri HP Disadap oleh Aplikasi Pinjaman Online, Harap Tetap Waspada

 

1. Ada Perubahan Pengaturan Keamanan Ponsel

Tanda adanya penyadapan dapat terlihat dari perubahan pengaturan keamanan, seperti perubahan PIN, pola kunci, atau password tanpa izin. Pastikan untuk memeriksa dan memperbarui pengaturan keamanan secara rutin, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

2. Muncul Panggilan atau Pesan dari Nomor Tidak Dikenal

Ciri-ciri HP disadap pinjol berikutnya yaitu muncul panggilan atau pesan dari nomor yang tidak dikenal, terutama yang terkait dengan tawaran pinjaman online atau permintaan informasi pribadi bisa menjadi indikasi bahwa data kalian telah bocor.

3. Ada Perubahan Aktivitas Keuangan yang Mencurigakan

Peningkatan atau perubahan dalam aktivitas keuangan, seperti transaksi yang tidak diakui atau tagihan yang mencurigakan, dapat mengindikasikan adanya penyadapan atau penggunaan data keuangan kalian.

4. Aplikasi Pinjol Tidak Dikenal Terinstal

Jika menemukan aplikasi pinjaman online yang tidak diinginkan atau tidak diinstal oleh kalian di HP. Hal ini dapat menjadi tanda adanya upaya penyadapan atau pemasangan aplikasi yang mencurigakan. Sebaiknya, hapus aplikasi tersebut secara sesegera mungkin.

BACA JUGA:Ciri-Ciri HP Disadap DC Pinjol Ilegal, Cek HP Kamu Sekarang!

Kategori :