Ini 8 Alasan Mengapa DC Lapangan Pinjol Tak Datangi Rumah Nasabah Galbay

Kamis 11-07-2024,18:44 WIB
Reporter : Eki Nur Solikha
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG -  Inilah alasan mengapa DC lapangan pinjol tak datangi rumah nasabah galbay. Dalam melakukan penagihan utang kepada peminjam, terkadang pihak pinjol akan mengerahkan pihak ke tiga untuk menagih utang. Pihak pinjol akan bekerja sama dengan debt collector untuk datangi nasabah galbay.

Sudah hal yang lumrah jika nasabah telat membayar pinjaman, akan didatangi oleh debt collector lapangan. Namun, apakah kamu pernah bertanya mengapa DC lapangan pinjol tak datangi rumah nasabah yang gagal bayar?

DC lapangan kerap kali membuat resah masyarakat karena sering membuat keributan di lingkungan sekitar. Tapi tenang saja, tidak semua pinjol memiliki DC dan mendatangkan DC ke rumah. Ada beberapa alasan mengapa DC lapangan pinjol tak datangi rumah nasabah galbay. 

BACA JUGA:Sampai Kapan DC Pinjol Berhenti Menagih? Berikut Jawabannya!

Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini sampai habis agar kamu tahu alasan mengapa DC lapangan pinjol tak datangi rumah nasabah, meski pinjaman telah melewati tanggal jatuh tempo.

1. Kebijakan Perusahaan

Beberapa perusahaan pinjol memiliki kebijakan untuk tidak menggunakan DC lapangan dalam proses penagihan. Alasannya bisa beragam, seperti untuk menghindari risiko keamanan bagi DC dan nasabah, atau untuk menjaga citra perusahaan.

2. Prioritas Penagihan

DC lapangan memiliki daftar peminjam lain yang perlu ditagih sehingga harus memprioritaskan penagihan berdasarkan urgensi atau potensi keberhasilan mereka akan membayar utang.  

DC lapangan biasanya lebih difokuskan untuk menagih nasabah dengan jumlah utang yang besar atau yang memiliki riwayat telat bayar yang lama. Nasabah dengan tunggakan kecil atau baru terlambat membayar mungkin akan ditagih terlebih dahulu melalui telepon.

3. Efisiensi Biaya

Menggunakan DC lapangan membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan penagihan melalui telepon atau online. Oleh karena itu, perusahaan pinjol mungkin hanya menggunakan DC lapangan untuk kasus-kasus tertentu di mana penagihan melalui cara lain tidak efektif.

4. Keamanan

Kunjungan DC lapangan ke rumah nasabah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan mengancam bagi nasabah. Oleh karena itu, perusahaan pinjol mungkin lebih memilih untuk menggunakan cara penagihan yang lebih aman dan nyaman bagi kedua belah pihak.

BACA JUGA:Amankan Data Diri Anda, Ini 4 Tips Hapus Data di Aplikasi Pinjol agar Tidak Disalahgunakan

Kategori :