Ketahui 4 Tips Jitu Menghindari Modus Joki Pinjol yang Perlu Diwaspadai, Berikut Dampak Buruknya

Kamis 11-07-2024,19:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Tips menghindari modus joki pinjol, tawaran jasa joki pinjol telah merajalela di berbagai platform internet. Dengan upaya promosi yang gigih, mereka menawarkan jasa lewat media sosial maupun pesan pribadi.

Terkadang, situasi keuangan yang mendesak membuat banyak orang terburu-buru dan tergoda untuk segera memanfaatkan tawaran pinjaman online tersebut tanpa mempertimbangkan risikonya. Karena itu, tips menghindari modus joki pinjol perlu kalian perhatikan supaya tidak merasa dirugikan. 

Ada beberapa risiko dan modus yang penting dipahami ketika ditawari oleh jasa joki pinjol. Maka dari itu, perlu ketahui tips menghindari modus joki pinjol yang merugikan. Modus berbahaya tersebut bisa berdampak buruk bagi nasabah yang menggunakan pinjol. 

Lantas, bagaimana tips menghindari modus joki pinjol yang berpotensi merugikan? Namun, sebenarnya apa itu jasa joki pinjol? Apakah benar-benar ada potensi penipuan yang mengintai? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:Bahaya Joki Pinjol, Ini 4 Cara Menghindari Modus Joki Pinjol yang Perlu Diwaspadai

Apa Itu Joki Pinjol?

Joki pinjol merupakan pihak yang menawarkan layanan untuk mengajukan pinjaman di platform pinjol, dan mereka bisa berupa individu atau kelompok yang terorganisir. Joki pinjol ini mempromosikan layanannya melalui media sosial dan pesan pribadi secara acak.

Sasaran utama joki pinjol yaitu orang-orang dengan riwayat kredit yang buruk, terutama yang telah dicatat dalam daftar hitam oleh perusahaan pinjol karena galbay, sehingga mereka kehilangan kemampuan untuk mengajukan pinjaman ulang.

 

Bagi kalian yang sudah terlanjur menggunakan jasa joki pinjol, langkah-langkah berikut bisa membantu untuk mengatasi situasi dan menghindari lebih banyak masalah keuangan:

1. Laporkan Penipuan kepada Pihak Berwenang

Tips menghindari modus joki pinjol yaitu Jangan merasa malu atau ragu untuk melaporkan penipuan jika kalian merasa telah menjadi korban. Segera laporkan kepada pihak berwenang dan sediakan bukti-bukti yang kalian miliki.

BACA JUGA:Ini Modus Jasa Joki Pinjol yang Perlu Kamu Waspadai, Bikin Kredit Macet dan Utang Menjerit!

2. Jangan Mudah Percaya pada Joki Pelunasan

Jika ada yang menawarkan jasa joki pelunasan, hindari tergoda untuk menggunakannya. Kalian tidak ingin menggantikan utang lama dengan utang baru.

Kategori :