Begini 5 Cara Menghitung Bunga Pinjol yang Paling Efektif, Berikut Faktor Mempengaruhi Tingkat Bunga

Senin 08-07-2024,22:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

5. Hitung Total Bunga

Gunakan rumus berikut untuk menghitung total bunga: Jumlah Pinjaman x Tingkat Bunga x Tenor Pinjaman. Misalnya, jika jumlah pinjaman Rp5.000.000, tingkat bunga 10% per tahun, dan tenor pinjaman 12 bulan, maka total bunga adalah Rp5.000.000 x 0.10 x 1 = Rp 500.000.

BACA JUGA:Ketahui 6 Alasan Bunga Pinjol Lebih Tinggi Dibanding Pinjaman Lainnya, Berikut Penjelasannya

Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Bunga Pinjol 

1. Suku Bunga Pasar

Tingkat suku bunga pasar yang ditetapkan oleh Bank Indonesia juga memiliki dampak langsung terhadap tingkat bunga pinjol. Jika suku bunga pasar tinggi, maka kecenderungan tingkat bunga pinjaman online juga akan meningkat. Untuk itu, kalian perlu memperhatikan kondisi pasar keuangan secara keseluruhan saat mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman online.

2. Jumlah Pinjaman

Jumlah pinjaman yang diminta menjadi salah satu faktor utama yang memengaruhi tingkat bunga. Secara umum, makin besar jumlah pinjaman, makin besar pula bunga yang harus dibayarkan. Hal ini disebabkan oleh risiko yang lebih tinggi yang diambil oleh penyedia pinjol ketika mereka memberikan pinjaman dalam jumlah yang signifikan. 

3. Tenor Pinjaman

Tenor pinjaman atau jangka waktu pengembalian pinjaman juga memiliki dampak signifikan terhadap tingkat bunga. Makin lama tenor pinjaman, makin besar bunga yang harus dibayar.

BACA JUGA:2 Metode Cara Menghitung Bunga Pinjol Paling Mudah, Hindari Bunga Mencekik Leher dari Awal

Hal ini karena risiko yang diambil oleh penyedia pinjaman meningkat seiring dengan durasi pinjaman yang lebih panjang. Kalian perlu mempertimbangkan dengan bijak berapa lama mereka akan melunasi pinjaman supaya dapat mengelola tingkat bunga dengan lebih efektif.

4. Risiko Peminjam

Tingkat risiko peminjam menjadi faktor krusial dalam menentukan tingkat bunga pinjol. Makin tinggi risiko keuangan yang dihadapi, makin tinggi pula bunga yang akan diterapkan. Faktor-faktor seperti riwayat kredit, pendapatan, dan tanggungan keuangan bisa memengaruhi penilaian risiko penyedia pinjaman online.

Itulah beberapa informasi seputar cara menghitung bunga pinjol beserta faktor yang memperngaruhi tingkat bunga pinjol yang perlu kalian ketahui dan pahami. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :