2 Metode Cara Menghitung Bunga Pinjol Paling Mudah, Hindari Bunga Mencekik Leher dari Awal

2 Metode Cara Menghitung Bunga Pinjol Paling Mudah, Hindari Bunga Mencekik Leher dari Awal

Cara menghitung bunga pinjol--

DISWAY JATENG - Bunga pinjaman online memang menjadi permasalahan serius oleh sebagian nasabah. Karena itu, cara menghitung bunga pinjol paling mudah dan benar bisa Anda coba untuk menghindari berbagai kerugian untuk kepedepannya.

Cara menghitung bunga pinjol bermanfaat bagi Anda untuk memprediksi pembayaran utang beserta tagihan lainnya. Dengan memahami perhitungan bunga, Anda bisa menghindari suku bunga tinggi yang bisa menyebabkan tagihan utang mencekik.

Karena itu, cara menghitung bunga pinjol perlu diketahui khususnya jika Anda ingin mengajukan pinjaman. Sebelum mengajukan pinjaman sebaiknya Anda lakukan perhitungan bunga dari pinjaman yang hendak diambil.

BACA JUGA: 2 Cara Minta Keringanan Bunga Pinjol Paling Efektif dan Auto Disetujui

Keuntungan lainnya dari menghitung bunga, yakni nasabah bisa mmembayar utang di setiap bulan dengan lancar. Berikut ulasan lengkap tentang cara menghitung bunga pinjol yang paling efektif supaya tidak membebani dalam melunasi utang.

Cara menghitung bunga pinjol 

1. Rumus Perhitungan Bunga Anuitas

Cara menghitung bunga pinjol pertama, yakni menggunakan rumus perhitungan anuitas. Perhitungan bunga anuitas merupakan sistem yang dapat menghitung biaya cicilan pinjaman per bulan dalam nominal tetap dari kalukasi saldo pinjaman.

Penjelasan sederhanannya, yakni jumlah biaya tagihan per bulan yang perlu dibayar memiliki nominal sama. Supaya lebih jelas, berikut cara menghitung bunga dengan rumus perhitungan anuitas:

BACA JUGA: Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Bunga atau Denda, Cuma Bayar Tagihan Pokok Langsung Lunas

Sisa pokok pinjaman bulan sebelumnya x suku bunga tahunan x (30 hari/360 hari).

Contohnya, Anda mengajukan pinjaman senilai Rp60 juta dengan suku bunga 15% per tahun dan dicicil hingga 12 bulan. Perhitungan dengan rumus anuitas sebagai berikut:

  • Pokok pinjaman per bulan = Rp60 juta ÷ 12 = Rp5.000.000
  • Bunga per tahun = Rp60 juta x 15% = Rp9.000.000
  • Bunga per bulan = Rp9.000.000 ÷ 12 = Rp750.000
  • Total cicilan per bulan = pokok pinjaman per bulan + bunga per bulan = Rp5.000.000 + Rp750.000 = Rp5.750.000.

2. Rumus Perhitungan Bunga Flat

Cara menghitung bunga pinjol dengan rumus perhitungan bunga flat. Perhitungan bunga ini merupakan rumus diaman sistem perhitungannya mengacu pada besaran pinjaman awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: