SMP Negeri 3 kota Tegal Raih Juara III Karya Tulis Ilmiah Cagar Budaya Tingkat Kota

Minggu 07-07-2024,09:30 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, TEGAL - SMP Negeri 3 Kota Tegal meraih juara usai melalui seleksi ketat  juri. Keisha Batrisyia Marissa Arief berhasil menyisihkan peserta lainnya dan menyabet juara III dalam lomba Karya Tulis Ilmiah Cagar Budaya Kota Tegal Tahun 2024. Lomba tersebut mengusung tema ‘Pemanfaatan Cagar Budaya Daerah sebagai Sumber Daya Budaya. Yang diikuti siswa-siswi SMP/MTs negeri maupun swasta se-Kota Tegal.       Lomba diselenggarakan  oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

SMP Negeri 3 Kota Tegal mengangkat judul  Pengembangan Menara Waterleiding Kota Tegal sebagai Aset Wisata Edukasi. Menara Waterleiding Kota Tegal merupakan situs sejarah dan arsitektur yang berpotensi dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata edukasi. Kota Tegal memiliki keunikan tersendiri, tentunya sangat menarik untuk di ketahui, berbagai nilai sejarah yang dimiliki dalam cagar budaya Menara Waterleiding. 

BACA JUGA:32 Klub Ikuti Sepakbola Bupati Pemalang Cup

"Dengan menjadikan Menara Waterleiding sebagai wisata edukasi, kita tidak hanya melestarikan sejarah. Tetapi juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya air bersih dan teknologi penyediaannya," ujar Keisha dalam presentasinya.

Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari bimbingan para guru yang berdedikasi serta semangat juang. Keisha sendiri dalam mempresentasikan hasil karya tulisnya. 

BACA JUGA:39 Calon Pramusaji RSUD dr Soeselo Ikuti Seleksi

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Kota Tegal Fahruroji menyampaikan kebanggaannya atas prestasi tersebut. Dia berharap agar para siswa terus termotivasi untuk berprestasi diberbagai bidang lainnya. Prestasi itu juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian cagar budaya di kalangan generasi muda dan masyarakat luas. 

"Semoga langkah kecil ini dapat membawa perubahan besar dalam upaya pelestarian warisan budaya kita," pungkasnya.

Kategori :