BPBD Kabupaten Tegal Targetkan 6 DestanaTerbentuk Tahun Ini

Senin 24-06-2024,14:22 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Hingga akhir  tahun 2023, BPBD Kabupaten Tegal berhasil mewujudkan 23 Desa Tangguh Bencana (Destana). Tahun ini, pembentukan Desa Tangguh Bencana akan kembali diupayakan bisa diwujudkan di 6 desa.

Kalak BPBD Elliya Hidayah melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Solikhin menyatakan, sebelumnya pembentukan Destana tahun ini berhasil diwujudkan di Desa Kaligayam dan Wanasari di Kecamatan Margasari. Pembentukan Destana di 2 desa tersebut terwujud berkat kolaborasi dengan BPBD Provinsi Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Bekali Strategi Mengembangkan Bursa Kerja Khusus

"Menyusul 1 desa lagi yang akan dibentuk dari hasil kolaborasi, yakni Desa Dukuhbangsa," ujarnya, Senin (24/6/2024).

Pihaknya juga terus intens melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa Banjaragung yang sebelumnya juga telah berencana untuk membentuk Destana. Selain berkolaborasi dengan BPBD Provinsi Jawa Tengah, tahun ini ada-desa yang secara mandiri siap mewujudkan Destana. Desa tersebut adalah Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa dan Desa Prupuk Utara, Kecamatan Margasari.

BACA JUGA:Program Tilik Desa, Satpol PP Kabupaten Tegal Sterilkan Lokasi

Sesuai rencana, dari dukungan APBD II Pemkab Tegak  juga berupaya memberikan dukungan untuk pembentukan Destana. Pihaknya terus berproses dalam pemetaan dan saat ini dalam tahap turun kedesa untuk memastikan desa mana yang siap.

"Untuk membentuk Destana dengan dukungan anggaran Pemkab Tegal," ungkapnya. 

Pembagian anggaran dan sumber daya sebagai salah satu upaya percepatan tumbuhnya Destana di wilayah Kabupaten Tegal. Pembentukan Destana merupakan program rutin berkesinambungan yang BPBD lakukan. Selain ada pembentukan juga ada upaya pembinaan Destana. Yang sudah terbentuk pihaknya wajib membina dan bagi desa yang belum terbentuk dua akan edukasi agar tergerak untuk membentuk.

BACA JUGA:Capaian Identifikasi Tanah Aset Pemkab Tegal Tembus 93%

Destana ini harus berasal dari usulan desa. Pihaknya hanya bisa sebatas mendorong agar pemerintah desa lahir inisiatif untuk membentuk Destana. Bagi 18 Destana yang sudah terbentuk, BPBD terus memberikan dukungan. Baik dalam pola latihan maupun dalam memenuhi dokumen terkait Destana, termasuk dalam penyusunan program kegiatan. (adv)

Kategori :