3 Cara Membersihkan BI Checking dengan Cepat agar Pengajuan Kembali Mudah di Acc

Senin 17-06-2024,15:15 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

3. Menyertakan Surat Klarifikasi dari Bank

Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan Bi Checking yaitu melakukan konfirmasi seputar kebenaran data ke OJK dengan membawa surat klarifikasi. Untuk mendapatkan surat klarifikasi yang resmi, kalian bisa mengajukannya ke bank atau lembaga pemberi kredit terkait.

Apabila sudah selesai, tunggu hingga skor kredit pada BI Checking atau SLIK diubah oleh lembaga terkait. Cek kembali hingga skor kredit tidak lagi mencapai angka 3, 4, maupun 5.

Pembaruan data kredit yang ada pada BI Checking atau SLIK memerlukan waktu maksimal 30 hari terhitung dari hari pembuatan laporan pemutihan atau pembersihan.

Pengecekan Skor Kredit

BI Checking menyimpan informasi seputar riwayat kredit nasabah dalam suatu sistem bernama Sistem Informasi Debitur (SID).

Informasi di dalam sistem tersebut meliputi identitas debitur itu sendiri, agunan, nominal pembiayaan, pembayaran cicilan, dan catatan kredit macet.

Data-data setiap nasabah akan diterima oleh Bank Indonesia atau sekarang oleh OJK, setiap bulannya dan diintegrasikan di SID.

Setelah data terintegrasi, semua bank dan lembaga keuangan yang terdaftar dalam Biro Informasi Kredit (BIK) dapat melihat informasi kredit setiap nasabah melalui iDeb. Dari data tersebut, dapat diketahui skor kredit yang telah dikategorikan berdasarkan kemampuan nasabah dalam melunasi pinjaman.

BACA JUGA:Tips Membersihkan BI Checking Akibat Telat Bayar Shopee Paylater

Agar terhindar dari tunggakan kredit, kalian bisa mengalokasikan dana yang dimiliki dengan lebih cermat melalui investasi deposito.

Salah satu produk deposito yang memiliki bunga tinggi dibandingkan dengan kebanyakan bank umum yaitu deposito BPR. Berbicara mengenai deposito BPR, kalian bisa melakukan penempatan dana secara praktis melalui aplikasi Deposito BPR by Komunal.

Selain itu, dengan bunga hingga 6,75% p.a., kalian bisa mendapatkan keuntungan lebih tinggi. Deposito BPR by Komunal juga menyediakan kemudahan dalam bertransaksi dengan aplikasi yang terjamin keamanannya.

Tenang saja, investasi deposito melalui Deposito BPR by Komunal terjamin aman karena sudah tercatat dan diawasi oleh OJK.

Demikian beberapa informasi mengenai cara membersihkan BI checking beserta pengecekan skor kredit yang perlu kalian ketahui agar memudahkan dalam pengajuan kembali. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :