Tips Membersihkan BI Checking Akibat Telat Bayar Shopee Paylater

Tips Membersihkan BI Checking Akibat Telat Bayar Shopee Paylater

Tips membersihkan BI checking-Ayo Bandung-

DISWAYJATENG – Kamu pengguna shopee dan pernah telat bayar tagihan? Nah, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan tips membersihkan BI checking.

Tips membersihkan BI checking ini menjadi suatu hal yang krusial dalam proses pinjam meminjam. Pasalnya, BI checking menjadi suatu kendala yang cukup fatal dalam pelaksanaan pinjaman, apalagi jika menggunakan pinjol.

Tips membersihkan BI checking mungkin belum banyak orang yang mengerti secara intim. Perlu kita pahami dalam mengelola keuangan secara bertanggung jawab, penting bagi kita untuk memahami konsep BI Checking atau Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK).

Sistem ini merupakan catatan informasi terkait riwayat debitur bank dan lembaga keuangan lainnya, khususnya mengenai kelancaran atau ketidaklancaran pembayaran kredit. Dengan begitu, tips membersihkan BI checking banyak dicari nasabah untuk memperlancar pinjaman.

Dalam hal ini penting untuk mengetahui informasi tentang tips membersihkan BI checking:

BACA JUGA:5 Tips Menyiapkan Dana Darurat

Skor kredit KOL 1-5

Kelancaran kredit seseorang akan ditandai dengan skala kolektivitas atau KOL yang menyatakan skor kredit, mulai dari KOL 1 hingga KOL 5, di mana semakin besar angka KOL, semakin buruk citra debitur.

Hal yang memengaruhi skor kredit nasabah

Salah satu hal yang dapat berpengaruh pada skor kredit di SLIK OJK adalah keterlambatan pembayaran tagihan Shopee Paylater.

Shopee sebagai penyedia layanan tersebut mencantumkan bahwa terdapat empat dampak yang akan dialami oleh pengguna pinjaman Shopee Paylater jika melakukan keterlambatan pembayaran, yaitu: (1) dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5 persen per bulan dari seluruh total tagihan, (2) pembatasan akses fungsi di aplikasi dan penggunaan voucher Shopee, (3) peringkat kredit di SLIK OJK yang dapat mencegah kita untuk mendapat pembiayaan dari bank atau perusahaan lain, dan (4) dilakukan penagihan melalui telepon atau penagihan lapangan.

Apabila telah terjadi keterlambatan pembayaran tagihan Shopee Paylater yang berdampak pada skor kredit di SLIK OJK, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan skor kredit tersebut.

BACA JUGA:6 Tips menyiapkan Dana untuk Pernikahan

Simak tips membersihkan BI checking yang bisa kamu lakukan:

Melunasi kredit yang menunggak

Tips membersihkan BI checking yang pertama dan paling mudah dilakukan adalah segera lunasi kredit yang tertunggak, lengkap dengan bunga dan dendanya. Cara ini mungkin paling relavan, karena salah satu penyebab skor kredit buruk adalah karena penggunaan kredit yang macet atau galbay.

BACA JUGA:8 Tips Mendapatkan Penghasilan Sampingan

Pantau skor kredit yang tersedia

Kedua, setelah melunasi tunggakan utang di Shopee Paylater, pantau skor kredit dan perhatikan apakah mengalami perubahan. Biasanya, pemulihan ini membutuhkan waktu yang lama dalam memprosesnya. Sehingga, perlu untuk memantau secara berkala dari skor kredit yang ada.

Ajukan komplen kepada pihak shopee

Ketiga, jika belum ada perubahan, dapat mengajukan komplain kepada pihak Shopee Paylater. Komplen ini bisa kamu lakukan via chat live atau customer service yang tersedia.

Membuat surat pernyataan lunas ke OJK

Keempat, membawa surat klarifikasi atau penjelasan yang menyatakan telah melunasi kredit dan konfirmasi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kelima, tunggu sampai skor kredit berubah dan dinyatakan benar-benar bersih.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu mematuhi waktu pembayaran dan menghindari keterlambatan dalam membayar tagihan Shopee Paylater atau pinjaman lainnya.

Pengelolaan keuangan yang baik dan disiplin dalam pembayaran kredit merupakan kunci utama untuk menjaga skor kredit yang aman dan terjaga di SLIK OJK. Hal ini akan memudahkan kita dalam mengakses pembiayaan dari bank atau lembaga keuangan lainnya di masa mendatang.

Begitulah tips membersihkan BI checking yang bisa kamu lakukan jika pernah telat atau galbay shopee paylater. Dengan melakukan tips di atas semoga kamu bisa menggunakan kembali pinjaman yang tersedia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: