6 Tips menyiapkan Dana untuk Pernikahan

6 Tips menyiapkan Dana untuk Pernikahan

Tips menyiapkan dana pernikahan-Kompas -

DISWAYJATENG - Tips menyiapkan dana pernikahan harus dilakukan sedini mungkin, karena merencanakan sebuah pernikahan memang bukan perkara mudah. Selain harus memikirkan konsep acara, vendor yang akan digunakan, hingga dekorasi, kalian juga perlu memperhatikan aspek keuangan.

Memang, pesta pernikahan tak semurah yang dibayangkan. Namun, dengan tips menyiapkan dana pernikahan ini, impian kalian pasti bisa terwujud tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Nah, untuk mewujudkan “Wedding Dream” kamu, tips menyiapkan dana pernikahan berikut harus kamu lakukan mulai dari sekarang.

Lalu, bagaiaman menyiapkan dana pernikahan? Berikut ini beberapa tips menyiapkan dana pernikahan. Cek penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:6 Tips Memilih Investasi Bagi Generasi Muda

Tips Menyiapkan Dana Pernikahan

1. Hitung Total Biaya Pernikahan

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menghitung total biaya pernikahan yang diperlukan. Bentuk dan konsep pesta pernikahan bakal berpengaruh dengan besaran budget yang harus disiapkan. Diskusikan dengan pasangan seperti apa acara yang kalian inginkan nantinya.

Setelah itu, rincilah besaran tiap komponen pengeluaran seperti sewa venue, katering, hiburan, dekorasi, dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk menyisihkan dana tak terduga dalam anggaran pernikahan agar keuangan tetap terkendali.

BACA JUGA:Tips Mengatur Keuangan agar Bebas Pinjol

2. Pisahkan Tabungan di Rekening Khusus

Memisahkan tabungan pernikahan di rekening tersendiri adalah langkah bijak agar tidak tercampur dengan kebutuhan lainnya. Kalian juga bisa menyisihkan sebagian gaji bulanan sebagai tabungan pernikahan.

Tentukan berapa jumlah besaran dana yang harus di tabung setiap bulannya sesuai dengan komitmen bersama tentang konsep pesta pernikahan yang diinginkan. Jangan lagi mencampur adukkan tabungan khusus ini dengan kebutuhan lain agar tidak terpakai untuk keperluan di luar pernikahan.

3. Manfaatkan Promo dan Diskon

Salah satu cara efektif untuk menghemat pengeluaran pernikahan adalah dengan mencari berbagai promo dan diskon. Perbanyaklah referensi terkait vendor atau jasa yang kalian butuhkan seperti wedding organizer (WO), katering, gedung, atau vendor lainnya. Manfaatkan jika mereka sedang mengadakan promo atau diskon untuk menghemat pengeluaran.

Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan jaringan pertemanan untuk mendapatkan informasi atau bahkan bantuan seperti pembuatan desain undangan, MC, atau hal lain yang bisa kalian kerjakan sendiri untuk mengurangi biaya. Semakin banyak informasi yang kalian dapat, semakin besar pula potensi penghematan yang bisa dilakukan.

BACA JUGA:Mau Belajar Saham? Ini 6 Tips Investasi Saham untuk Pemula

4. Buat Perencanaan Pengeluaran dengan Skala Prioritas

Daftar prioritas pengeluaran pernikahan akan sangat membantu dalam mengidentifikasi pos-pos pengeluaran mana yang harus didahulukan. Misalnya, sewa gedung atau venue pernikahan bisa menjadi prioritas utama karena biasanya harus dipesan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tempat.

Sementara untuk seserahan atau hadiah bisa kalian cicil secara bertahap. Dengan mengurutkan prioritas, kalian akan semakin terarah dalam mempersiapkan pernikahan sesuai anggaran yang ada.

5. Terapkan Aturan 50/30/20

Walaupun pernikahan adalah momen istimewa, namun jangan sampai kalian menghabiskan seluruh tabungan hanya untuk merayakannya saja. Kehidupan setelah menikah juga harus dipikirkan matang-matang. Oleh karena itu, cobalah terapkan aturan 50/30/20 dalam mengalokasikan dana pernikahan kalian.

Maksudnya, gunakan 50% dari total tabungan untuk kebutuhan pernikahan, 30% untuk biaya setelah menikah dan membangun kehidupan baru bersama pasangan, serta sisihkan 20% sebagai dana cadangan atau dana darurat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga. Dengan begitu, kalian bisa merayakan pesta sekaligus mempersiapkan kehidupan ke depan dengan lebih mapan.

6. Berkomitmen Hidup Hemat

Agar target tabungan pernikahan bisa tercapai, kalian perlu berkomitmen untuk menerapkan pola hidup yang lebih hemat.

Mulailah dengan mengurangi aktivitas yang boros dan menghabiskan banyak uang seperti menunda liburan bersama atau mengurangi frekuensi kencan yang terlalu sering. Fokuskan diri pada upaya mengumpulkan tabungan untuk mempersiapkan dana pernikahan.

Itu dia beberapa tips menyiapkan dana pernikahan dan strategi cerdas yang bisa kalian terapkan dalam mengatur keuangan untuk mewujudkan pesta pernikahan impian. Pernikahan memang momen berharga yang patut dirayakan.

Jangan sampai menyebabkan kalian kesulitan dalam memulai bahtera rumah tangga setelahnya. Dengan perencanaan matang dan disiplin dalam menabung, kalian pasti bisa melewati semua ini dengan bahagia dan lancar. Selamat mempersiapkan hari bahagia kalian(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: