Dorong Kades di Kabupaten Tegal Ciptakan Desa Tematik

Senin 10-06-2024,09:30 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI -  Unrtuk kesekian kalinya, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah  mengingatkan kepala desa (kades). Untuk bisa mengelola teknologi dan anak muda. Serta membuat desa tematik sesuai potensi yang dimiliki daerah masing-masing. 

Hal itu disampaikan Pj Bupati Tegal Agustyarsyah saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK). Tentang Penambahan Masa Jabatan Kepala Desa se-Kabupaten Tegal selama dua tahun. 

BACA JUGA:Pemkab Pemalang Buka Pendaftaran Calon Anggota Komisaris PT LKM BKD

"Pengelolaan teknologi dan anak muda perlu dilakukan, karena  bisa membantu dalam hal pembangunan data base di masing-masing desa. Mengingat, data base sangat diperlukan, terutama untuk mengetahui data pengangguran, kemiskinan, Tumah Tidak Layak Huni (RTLH). 

“Data persoalan desa tertinggal yang sampai saat ini masih ada," ujarnya. 

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Galakan PMTL di 29 Puskesmas

Termasuk persoalan hukum, aparat desa yang belum paham pengelolaan uang semuanya harus fiks dan lebih baik. Sekali lagi dia tekankan kelola teknologi dan kelola anak muda. Jangan takut dengan anak muda. Melainkan harus rangkul anak muda dan rangkul teknologi agar bisa memberi kepastian data. 

“Sehingga nantinya kita memiliki data base yang kuat, supaya bisa membangun Kabupaten Tegal lebih baik lagi," cetusnya. 

Agustyarsyah juga mengingatkan kepala desa untuk membuat satu atau dua Desa Tematik. Setelah sudah menemukan tema apa yang akan diterapkan, baru membuat Desa Tematik yang nantinya bisa disesuaikan dengan program atau pilot project dari kementerian.

BACA JUGA:Akses Pasar IKM LIK Takaru Kabupaten Tegal Semakin Luas

Harapannya, bisa mendapat anggaran bernilai miliaran rupiah dari Kementerian untuk kemajuan desa masing-masing.  Dia harap, kepala desa bisa membuat Desa Tematik yang paling besar potensinya. Bisa memanfaatkan sumber daya manusia ataupun alam yang ada, disesuaikan dengan project kementerian. 

“Mari bangun desa menjadi benar-benar hebat," ungkapnya.

BACA JUGA:TMMD Sengkuyung Tahap II di Kabupaten Pemalang Ditutup

Jika nantinya ada dari desa-desa lain yang ingin melihat contoh tematik yang ada. Dia mengajak agar datang ke desa yang ada di Kabupaten Tegal dan tidak perlu ke kabupaten/kota lain. Kalau semua selama bertahun-tahun tidak bisa menyelesaikan permasalahan pengangguran, kemiskinan dan lain sebagainya. Karena cara kerja yang salah. Perbaiki cara kerja dan ini amanah yang dititipkan melalui Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan kepala desa. 

“Manfaatkan waktu dua tahun ini untuk memperbaiki dan menyempurnakan yang belum sempurna," tegasnya.

Kategori :