Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Galakan PMTL di 29 Puskesmas

Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Galakan PMTL di 29 Puskesmas

RAKOR - Dinkes Kabupaten Tegal menggelar Rakor persiapan pelaksanaan kegiatan PMTL 2024.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya memenuhi gizi para balita untuk mencegah stunting, Dinas Kesehatan (Dinkes) menggalakan program pemberian makanan tambahan lokal (PMTL) di 29 puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr Ruszaeni mengatakan, anggaran kegiatan PMTL ini bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Tengah dan Dana Alokasi Khusus NF (BOK Puskemas) serta dari Dana Desa (DD).

BACA JUGA:7 Perpustakaan Kelurahan di Kota Tegal akan Dapat Bantuan 7.000 Buku

Menurut Ruszaeni, PMTL ini tujuannya untuk meningkatkan status gizi anak serta untuk mencukupi kebutuhan zat gizi anak agar tercapainya status gizi dan kondisi gizi yang baik sesuai dengan umur anak tersebut.

Selain itu, juga untuk meminimalisir tingginya prevalensi masalah gizi tahun 2023 di Kabupaten Tegal. Utamanya pada kasus Stunting yang mencapai 16,14%, Underweight 13,68%, dan Wasting 8,08%.

"Sedangkan target stunting yang ditetapkan Presiden RI tahun 2024 adalah 14%. Karena itulah, kita gencar menggalakan PMTL ini," kata Ruszaeni, baru-baru ini.

Disebutkan, Puskesmas Pangkah juga telah menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan kegiatan PMTL 2024, di aula puskesmas setempat, pada 30 Mei 2024.

BACA JUGA:Dikunjungi PKK, Kelurahan Margadana Siap Bersinergi Sukseskan Pilkada

Rakor itu melibatkan lintas program dan lintas sektor dari 14 desa untuk mendukung kelancaran kegiatan. Rakor menghadirkan Kepala Puskesmas, Ketua TP-PKK, PJ UKM, Bidan Desa, Nutrisionis, Sanitarian, Promkes, dan Kader Kesehatan.

"Kegiatan ini juga diisi materi tentang keamanan pangan, gizi balita, dan pembekalan PMTL," kata Ruszaeni.

Ruszaeni melanjutkan, rakor juga dilengkapi dengan demo memasak yang diwakili oleh Kader Desa Grobog Kulon dengan menu 

PMTL Dimsum Ceria dan Sempol Burger.

BACA JUGA:Satpol PP Kabupaten Tegal Beberkan Hasil Stuba di Cilacap

"Dalam rakor itu juga ada diskusi untuk menentukan menu PMTL. Dibahas oleh Nutrisionis dan Kader yang terlibat," imbuhnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: