Healing Tipis-tipis, Inilah Daya Tarik Alun-alun Kota Tegal yang Menjadi Kebanggaan Warga Sekitar

Rabu 22-05-2024,15:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Taman tersebut bernama Taman Pancasila, lokasinya berada di sekitar Stasiun Tegal dan Gedung SCS. Dengan ditemani tempat duduk berpayung, Taman Pancasila menjadi salah satu spot nyaman untuk bersantai.

Jika malam tiba pun tak pernah sepi dari aktifitas pengunjungya. Di malam hari, banyak ditawarkan berbagai macam pilihan hiburan hingga sajian kuliner.

Wahana hiburannya terdapat skuter listrik, sepeda listrik, mobil genjot, dan delman yang bisa kalian sewa untuk berkeliling kawasan Alun-alun. 

Sajian kuliner di Alun-alun ini diantaranya kupat glabed, tahu aci, sate ayam, berbagai minuman segar, bahkan jajanan dari luar kota pun banyak dijajakan di sini.

Wajah Alun-alun Kota Tegal saat ini sudah berubah total. Bentuknya bukan lagi berupa lapangan dengan rumput hijau, namun tampak seperti taman bunga yang didalamnya terdapat air mancur yang bisa menari-nari. Revitalisasi Alun-alun ini rampung pada akhir tahun 2021 lalu. 

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Tentang Kota Tegal yang Jarang Diketahui, Dijuluki Jepangnya Indonesia

Perbedaan alun-alun setelah direvitalisasi terdapat pada sarana jalur pejalan kaki yang diperbaiki dan diperluas. Perbedaan yang mencolok terlihat dari adanya flying deck. Fasilitas ini bisa jadi spot berfoto yang menarik. Dari sini, pemandangan Alun-alun bisa terlihat dengan lebih leluasa.

Tidak hanya taman Alun-alun saja yang terdampak revitalisasi, Taman Pancasila hingga trotoar di Kawasan Jalan Pancasila pun tak luput dari proyek yang bernilai miliaran rupiah tersebut.

Taman Pancasila yang dulunya hanya lahan kosong yang dimanfaatkan pedagang untuk berjualan dimalam hari kini disulap menjadi ruang terbuka hijau.  Area sekitar taman ditanami pohon dan dilengkapi dengan bangku-bangku panjang untuk bersantai. 

Pengunjung bisa duduk bersantai sambil menikmati pemandangan bangunan cagar budaya peninggalan kolonial, yaitu Gedung Birao atau Gedung SCS (Semarang Cheriboon Stroomtram) serta bangunan Menara Waterleiding.

Demikian beberapa informasi mengenai daya tarik Alun-alun Kota Tegal yang bisa kalian ketahui dan bisa kalian kunjungi sekitar Kota Tegal, dengan indahannya yang ada. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :