Jangan Diabaikan, Begini Cara Memilih Tenor Pinjol Sebelum Mengajukan Pinjaman

Rabu 22-05-2024,11:15 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

3. Pertimbangkan Liabilitas yang ada

Jika kamu memiliki komitmen keuangan lainnya, mempertimbangkannya juga membantu dalam memilih tenor yang sesuai. Pinjaman lain, pembayaran kartu kredit, sewa rumah, dan biaya kuliah adalah komitmen paling umum yang harus dipertimbangkan.

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Bunga atau Denda, Cuma Bayar Tagihan Pokok Langsung Lunas

Pastikan untuk memilih tenor yang dapat menyeimbangkan semua kewajiban tanpa banyak kerepotan. Dengan ini, Anda tidak terbebani lagi tagihan pinjaman yang menumpuk yang nantinya menimbulkan utang baru.

Pengertian Tenor dalam Pinjaman Online

Tenor pinjaman dapat mempengaruhi suku bunga dimana semakin lama tenor yang diambil, maka bunga yang diberikan juga akan tinggi. Umumnya bunga pinjaman yang diberikan oleh pinjol mulai dari 1% hingga 3% per bulan.

Contohnya, Anda mengajukan pinjaman dengan tenor 3 bulan dengan nominal tertentu yang sudah disepakati. Nanti pihak penyedia pinjol akan memberikan bunga yang nantinya dikalikan dengan periode waktu yang sudah disepakati.

Simulasi pinjamannya, misalkan peminjam mengajukan Rp10 juta dengan tenor cicilan 3 bulan dengan bunga 1% per bulan. Artinya nasabah yang mengambil pinjaman kisaran Rp10 juta dengan tenor 3 bulan maka akan dikenakan suku bunga kisaran 1% dari jumlah tersebut.

Demikian ulasan lengkap tentang cara memilih tenor pinjol supaya Anda tidak terjerat utang karena salah memilih cicilan pinjaman online. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :