SMK Negeri 3 Kota Tegal Praktik Penyelamatan Diri di Laut

Senin 20-05-2024,09:30 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, TEGAL - Siswa Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)  SMK Negeri 3 Kota Tegal. Praktik penyelamatan diri di laut yang diadakan di Pantai Larangan, Desa Munjungagung, Kabupaten Tegal. atau lebih dikenal dengan nama Karang Jeruk. Kegiatan itu merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh siswa-siswi jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan, khususnya siswa kelas X.

Salah satu guru NKPI SMK Negeri 3 Kota Tegal Sri Rejeki mengatakan bahwa NKPI merupakan salah satu jurusan yeng mempelajari Nautika dan Perikanan. Nautika mempelajari tentang teknik bernavigasi dengan menggunakan kapal laut serta teknik dasar keselamatan di atas kapal. Sedangkan Perikanan mempelajari teknik dan metode penangkapan ikan. Untuk itu, kegiatan praktik secara langsung di laut sangat diperlukan bagi siswa-siswi kami untuk melatih keahlian dan keterampilan di laut. 

"Setelah setahun siswa belajar secara teori di kelas, saatnya siswa diuji untuk praktik pengenalan di laut dengan menerapkan praktik  teknik dasar keselamatan di atas kapal dan di laut," katanya.

BACA JUGA:Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Terpilih Program Pendampingan InSWA

Setiap kegiatan praktik didampingi oleh beberapa guru pembimbing yang professional dibidangnya. Siswa yang sudah mahir berenang akan diajarkan cara dan teknik menyelamatkan diri dengan membentuk beberapa formasi penyelamatan diri di laut yang dilatih oleh instruktur NKPI, Kodir, Roham, Danang, Jeki, Susi, Hadi,  Bambang, Toto, dan Sarwadi. 

Mereka semua adalah instruktur yang sudah profesional dibidangnya. Sehingga siswa-siswi NKPI SMK Negeri 3 Tegal merasa nyaman dan tidak khawatir akan tenggelam ataupun merasa takut terbawa arus laut. 

BACA JUGA:90 PPK Kabupaten Tegal Dilantik, Bertugas Selama 8 Bulan Bantu KPU

“ Awalnya saya takut mencebur ke laut, namun setelah mendapat bimbingan dari  beberapa instruktur, saya yakin dan senang menjalani praktik penyelamatan diri di laut," ujar  Ayu, salah satu siswi. 

Selain diajarkan cara penyelamatan diri dilaut, siswa-siswi juga diajarkan cara  mengoperasikan alat tangkap ikan, dengan memancing dan menjaring ikan. Siswa juga diperkenalkan dengan kondisi alam laut, dan diajarkan cara beradaptasi dengan keadaan laut.

Kategori :