Ratusan Warga Kabupaten Tegal Padati Kirab Pataka dan Berebut Gunungan Hasil Bumi

Jumat 17-05-2024,08:15 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI -  Kirab Pataka merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal. Prosesi Kirab Pataka serta Parade Ageng Hasil Bumi dan Kesenian.

Kirab Pataka ini dimulai dari Padepokan Purbaya Desa Kalisoka menuju Monumen GBN Slawi. Kemudian dari GBN Slawi, dilanjutkan dengan Parade Ageng Hasil Bumi dan Kesenian.

Kirab Pataka dan Parade tersebut beriring-iringan menuju Rumah Dinas Wakil Bupati menggunakan mobil parade yang membawa gunungan hasil bumi seperti buah–buahan, sayuran dan pala pendem, serta aneka kesenian tradisional.

BACA JUGA:SMA Muhammadiyah Juara II Seni Kriya FLS2N Tingkat Kota Tegal

Dari GBN Slawi, iring-iringan diikuti oleh OPD, Camat se-Kabupaten Tegal, BUMN dan BUMD. Selain itu, para peserta juga menampilkan aksi di depan panggung penghormatan Pj Bupati Tegal, Agustyarsyah.

Aksi ini, mulai dari tari kuntulan khas Tegal, tembang Tegalan dan juga menyerahkan hasil bumi kepada Pj bupati.

Dalam kesempatan itu, Agustyarsyah menyatakan bahwa momentum ini merupakan pertama kalinya untuk mengikuti acara Parade Agung Gunungan.

Dia juga berharap momentum Hari Jadi ini bisa menjadi wisata lokal yang dapat diangkat secara nasional.

BACA JUGA:345 Pelajar SMK Peristek Pangkah Kabupaten Tegal Diwisuda

“Apa yang kita tunjukkan, kita punya sejarah di Kalisoka, kita punya tanah leluhur di Kalisoka, dimana syiar agama Islam dimulai dari sana,” ujarnya. 

Agustyarsyah juga merasa senang melihat hubungan emosional antara pemerintah daerah dengan masyarakat begitu dekat.

Banyak hal jika Pemerintah lebih berinisatif untuk menggalakkan kegiatan lainnya agar masyarakat dapat meramaikan kegiatan yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal.

“Hari ini bisa kita lihat bahwa Pemerintah harus lebih punya inisiatif dan lebih kreatif untuk bisa mengangkat berbagai budaya kegiatan lainnya,” cetusnya.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Lakukan IKL di PT Winners International Margasari Tegal

Setelah beraksi di depan Pj bupati Tegal, gunungan hasil bumi seperti buah-buahan, sayuran dan pala pendem dibagikan kepada masyarakat. 

Kategori :