Laporkan Jika Penagihan DC Lapangan Pinjol Ilegal Melakukan 4 Tindakan Merugikan ini

Jumat 15-03-2024,07:45 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Selain itu, pihak penagih bisa saja melakukan kekerasa kepada nasabah. Hal ini tentu saja membuat nasabah menjadi ketakutan dan resah.

4. Menghubungi Seluruh Kontak yang Ada di HP Nasabah

Seluruh kontak nasabah akan dihubungi, mulai dari teman, kerabat, keluarga hingga pimpinan kerja. Umumnya, penagih akan menghubungi kontak yang dilakukan dengan cara mengirimkan pesan singkat.

Hal mengerikan yang bisa saja terjadi, yakni pinjol ilegal melibatkan pimpinan tempat kerja. Tujuannya supaya nasabah dipecat dari kerjaan.

BACA JUGA: Jelang Ramadhan, ini 6 Pinjol Tanpa KTP yang Aman dari Risiko Penyalahgunaan Data Pribadi

Ada juga penagihan pinjol yang dilakukan dengan membuat grup berisikan kontak keluarga, teman, hingga rekan kerja. Anda dapat melaporkan ke pihak berwajib jika terjadi praktik penagihan seperti ini.

Cara-cara penagihan pinjaman online di atas akan terus dilakukan tak peduli kondisi penerima pinjaman itu seperti apa. Maka, Anda harus lebih bijak lagi dalam memilih platfrom pinjol untuk meminjam uang.

Apabila Anda pengguna pinjol dan mengalami hal-hal tidak menyenangkan seperti di atas, jangan panik! Sebaiknya melaporkan ke pihak-pihak berwenang berikut ini.

  • Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI).
  • Pihak kepolisian.

BACA JUGA: Apakah Bisa Mengajukan Pinjol Tanpa KTP? Begini Penjelasan Lengkapnya Serta Risiko Bahaya Jika Nekat Digunakan

Demikian informasi seputar cara penagihan DC lapangan pinjol ilegal yang dapat merugikan dan bisa dilaporkan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :