10 Pinjol Tanpa DC Lapangan Terbaru 2024, Legal dan Penagihan Tidak Datang ke Rumah

Rabu 07-02-2024,05:30 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

8. Pinjol Easycash

9. Uangme

10. Pinjol legal tanpa DC lapangan Pinjam Yuk

Beberapa platfrom pinjaman online di atas tidak menggunakan penagih pihak ketiga apabila nasabah mengambil pinjaman dengan jumlah kecil. Selain itu, DC pinjol tidak akan mendatangi rumah nasabah apabila debitur tidak gagal bayar (galbay).

BACA JUGA: 5 Resiko Galbay Pinjol Legal yang Ada DC Lapangan, Gak Cuma Didatangi Debt Collector ke Rumah

Lalu, bagaimana jika DC lapangan datang ke rumah? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan debitur jika dikunjungi DC lapangan ke rumah:

1. Tetap Tenang Jangan Panik

Cara menghadapi DC pinjol yang pertama yakni tetap tenang dan jangan panik. Nasabah perlu menghindari reaksi panik saat menghadapi DC lapangan pinjol.

2. Abaikan Kedatangan DC Jika Melewati Batas Waktu Penagihan

OJK sudah membuat aturan baru waktu penagihan yang diperbolehkan kepada pengunjung. Waktu penagihan hanya diperbolehkan mulai dari pukul 8.00 - 18.00 WIB.

Jika DC lapangan pinjol datang ke rumah atau kantor diluar waktu tersebut, sebaiknya nasabah mengabaikan kedatangan mereka. Layani kedatangan DC pinjol hanya dalam waktu penagihan yang sudah diperbolehkan OJK.

3. Lunasi Hutang dan Tunjukan Bukti Pelunasan Kepada DC

Cara menghadapi DC pinjol yang paling efektif yaitu menunjukkan bukti pelunasan. Nasabah dapat menyertakan bukti surat pelunasan yang sah untuk menghentikan tagihan DC.

BACA JUGA: Begini Aturan Baru Penagihan oleh DC Pinjol dari OJK, Debt Collector Dilarang Asal Tagih

4. Laporkan Jika DC Melanggar Aturan Penagihan

Apabila proses penagihan DC terus berlanjut, laporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib. Nasabah memiliki hak untuk melaporkan penagihan yang tidak wajar kepada pihak berwajib.

Kategori :