7 Tips dan Cara Menghilangkan Wajah Beruntusan dengan Cepat, Kulit Muka Kinclong Seketika

Rabu 24-01-2024,05:15 WIB
Reporter : Fatimah Ainun Azzahra
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Anda dapat memakai sabun muka yang memilki kandungan teh hijau untuk membersihkan wajah dari minyak dan kotoran penyebab beruntusan.

4. Membuat Masker Madu

Selain digunakan sebagai pemanis alami, madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan beruntusan dengan cepat. Salah satu jenis madu yang sering dipakai adalah madu manuka.

Untuk membuat masker madu, campurkan madu dengan kayu manis kemudian oleskan pada kulit. Diamkan sekitar 8-10 menit lalu bilas hingga bersih.

5. Masker Oatmeal Koloid

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa oatmeal memiliki sifat antioksidan dan anti radang yang cocok untuk obat alami jerawat. Dapat mengatasi beruntusan seperti jerawat, biduran, dermatitis atopik, dan infeksi virus.

Anda dapat membuat masker ini hanya dengan menggiling oatmeal menjadi bubuk, kemudian rendam ke dalam air hangat.

Lalu, oleskan ke bagian wajah yang beruntusan dan biarkan beberapa menit agar menyerap ke kulit. Kemuian bilas menggunakan air bersih.

6. Mengoleskan Benzoil Peroksida

Bahan ini dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Terdapat dalam konsentrasi 2,5-10% pada produk skincare.

Disarankan menggunakan benzoil peroksida berbasis air dengan konsentrasi (2,5%) agar menurunkan risiko efek samping. Seperti efek samping kulit iritasi, bersisik, menyengat, dan terbakar tertumaa bagi Anda yang memilki kulit sensitif.

7. Minyak Esensial

Penggunaan produk skincare yang mengandung minyak esensial dapat membantu menghilangkan beruntusan dengan cepat. Sebuah penelitian ilmiah dari Evidence-based complementary and alternative medicine (2016).

Menemukan manfaat minyak esensial kayu manis, cengkeh, mawar, dan lavender. Campuran tersebut berpotensi melawan bakteri penyebab jerawat seperti Staphylococcuc epidermidis dan Cutibacterium acnes.

Beberapa tips diatas perlu Anda coba untuk menghilangkan beruntusan. Meskipun tidak menjamin hilang dengan cepat, setidaknya beruntusan bisa memudar atau berkurang.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit tunuk mengetahui cara menghilangkan wajah beruntusan seusai dengan jenis kulit Anda. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :