Kenalkan Capres Prabowo-Gibran melalui Wayang Golek oleh Ki Walet Tegal

Senin 15-01-2024,10:15 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Cara unik mengenalkan calon presiden (Capres) Prabowo Subiyanto-Gibran Raka Buming Raka kepada masyarakat umum melalui wayang golek dengan dalang Ki Walet asal Tegal.

Cara ini dilakukan oleh Sony Barata, calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI nomor urut 2 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dapil Jateng 9 meliputi Kabupaten Tegal, Brebes dan Kota Tegal.

Wayang golek dengan judul Lupit Jadi Patih ini digelar di Desa Pesayangan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Ratusan Mahasiswa UPS Tegal Jalani Magang di Kota Besar

"Bahwasannya kampanye yang nyaman dan damai ini adalah konsep kami. Kami memilih sosialisasi dengan media wayang golek," kata Sony, di sela-sela acara.

Menurutnya, sosialisasi dipastikan mudah diterima oleh masyarakat. Karena penyampaian cara memilih dan program para calon pemimpin dilakukan oleh sang dalang di tengah pagelaran wayang. 

"Masyarakat juga merasa terhibur dengan adanya wayang golek ini," ujar Sony.

BACA JUGA:Pulang dari Kebun, Warga Warureja Hanyut di Sungai Rambut Kabupaten Tegal

Dia berharap, sosialisasi bisa menjadi referensi para caleg lainnya. Bahwa pengenalan atau sosialisasi terhadap audien dan konstituen ini sangat santun dan bermartabat. Dipastikan lebih mengena dibandingkan dengan cara pengerahan massa turun ke jalan menggunakan sepeda motor pakai knalpot brong.

Hal itu tentunya dapat mengganggu masyarakat dan berdampak pada polusi suara serta udara.

"Semoga kegiataan ini menjadi ruang rekonsiliasi jiwa kita semua untuk kemudian menjadi suri tauladan bagi semuanya," ucapnya.

BACA JUGA:Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Gandeng UGM dan Perbankan

Sementara, Ki Walet menuturkan, sosialisasi Capres Prabowo-Gibran dengan cara menggelar wayang golek ini bukan kali pertama. Menurutnya, sejak memasuki masa kampanye, pihaknya sudah digandeng oleh Sony Barata untuk menggelar wayang golek di 4 lokasi.

Tiga diantaranya di wilayah Kabupaten Tegal yang meliputi Desa Plumbungan, Kecamatan Kramat. Desa Balapulang Kulon, Kecamatan Balapulang dan Desa Pesayangan, Kecamatan Talang.

BACA JUGA:Polres Tegal Gencarkan Sosialisasi Penindakan Zero Knalpot Brong

Kategori :