Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Gandeng UGM dan Perbankan

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Gandeng UGM dan Perbankan

JELASKAN - Kabid Penataan Lingkungan memberikan penjelasan Taman Keanekaragaman Hayati.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya mewujudkan Taman Keanekaragaman Hayati seluas 12 hektare di Cacaban tahun ini. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten tegal bekerjasama denga pusat studi energi UGM, Yogyakarta dan pihak perbankan yang dikemas dalam program Karbon of Setting.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten tegal Muchtar Mawardi SKM MKes melalui Kabid Penataan Lingkungan, Taroyo menyatakan,  program tersebut merupakan sebuah upaya pengurangan emisi karbon melalui penanaman pohon. 

BACA JUGA:Ratusan Mahasiswa UPS Tegal Jalani Magang di Kota Besar

"Nantinya pihak perbankan akan membiayai dari proses penanaman dan pemeliharaan dalam jangka waktu  5 tahun," ujarnya.

Sesuai rencana, jenis pohon yang akan ditanam di lokasi tersebut adalah tanaman buah yang jenisnya diserahkan kepada masyarakat sekitar. Nanti masyarakat sekitar lokasi dilibatkan untuk menanam, memelihara dan memanen hasilnya. 

“Pihak perbankan nantinya akan membantu pemasaran buah tersebut,  mendirikan koperasi dan permodalan untuk membangun kios buah yang dipasarkan melalui agrowisata," cetusnya.

BACA JUGA:Polres Tegal Musnahkan Ratusan Knalpot Brong Hasil Razia

Pihaknya juga menyinggung terkait manajemen pertamanan di tahun 2024 dimana tenaga lapangan yang sebelumnya diswakelolakan kepada DLH. Saat ini tetap dilimpahkan pihak ketiga dengan sistem outsourcing.  Dengan sistem ini, kesejahteraan tenaga lapangan akan lebih baik dan lebih kelas. 

“Dulu mereka kita beri honor  Rp65.000 per hari, saat ini mereka sudah diberi honor sesuai UMK, yakni Rp2.191.000 per bulan dan berhak mendapatkan THR 1 bulan gaji," ungkapnya. 

Saat ini tercata ada 66 orang tenaga lapangan  yang menjalankan tugas kebersihan. Diantanya di kawasan  Trasa, GBN, alun-alun, Taman Bungah, tugu batas dan Guci. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: