Ratusan Mahasiswa UPS Tegal Jalani Magang di Kota Besar

Ratusan Mahasiswa UPS Tegal Jalani Magang di Kota Besar

PENGLEPASAN – Ratusan mahasiswa UPS dilepas untuk menjalani magang di sejumlah kota besar.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, TEGAL - Ratusan mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal (UPS) menjalani magang di sejumlah kota besar. Magang di instansi merupakan implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dijalankan oleh universitas yang kini memiliki dua kampus yaitu di Jalan Halmahera dan Jalan Perintis Kemerdekaan. 

Humas UPS Fitriyanto MPd mengatakan, mahasiswa yang menjalani magang itu berasal dari FEB sebanyak 357. Mereka disebar ke instansi Eks Karesidenan Pekalongan dan bahkan meluas hingga ke luar Jawa Tengah sampai DKI Jakarta. Magang yang dijalani akan berlangsung dua bulan, yaitu Januari dan Februari dan selanjutnya akan di konversi ke mata kuliah.

BACA JUGA:TNI-Polri Kompak Bersihkan Pasar Randudongkal Kabupaten Pemalang

Untuk memastikan kualitas magang mahasiswa, sertifikat akan diberikan dengan ditandatangani dua belah pihak. Selama kegiatan magang berlangsung dosen dilibatkan dalam proses monitoring dan evaluasi selama dua kali dalam dua bulan. Tujuannya untuk mengawasi dan mengevaluasi perkembangan mahasiswa selama masa magang. 

Ini melibatkan pemantauan terhadap pencapaian tujuan magang, pengembangan keterampilan, serta peningkatan pemahaman dan kinerja mahasiswa di lingkungan kerja. Monitoring dan evaluasi juga membantu memastikan bahwa magang memberikan nilai tambah yang signifikan dalam pengembangan profesional dan akademis mahasiswa.

BACA JUGA:Ratusan Pejabat Pemkab Pemalang Dilantik oleh Bupati Mansur Hidayat

Selain mendapatkan pengalaman selama mgang mahasiswa akan mendapatkan sertifikat yang di dalamnya terdapat tanda tangan kedua belah pihak yaitu Instansi dan Universitas yang nantinya akan menambah portofolio mahasiswa tersebut. Magang mahasiswa adalah suatu bentuk pengalaman kerja praktis yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kurikulum akademis mereka. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman praktis tentang dunia kerja, memperluas wawasan, dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan bidang studi mahasiswa. Magang juga dapat membantu mahasiswa membangun jaringan profesional dan meningkatkan peluang pekerjaan di masa depan,” ungkap Fitriyanto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: