Waspada! 4 Bahan pada Kosmetik ini Sangat Berbahaya, Bahkan Bisa Menyebabkan Kanker

Sabtu 13-01-2024,21:45 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Asyifa Suryani

DISWAYJATENG - Siapa yang tidak tergoda oleh rayuan kecantikan dari berbagai produk kosmetik? Namun, di tengah kilauan glamour itu, ada kisah gelap yang perlu kamu ketahui yaitu bahan kosmetik berbahaya.

Ketika kamu berusaha tampil cantik dengan menggunakan berbagai produk kecantikan, tahukah kamu bahwa kulit mungkin sedang terpapar bahaya yang tak terlihat?

Paraben, mercury, phthalates, dan formaldehida, nama-nama ini mungkin terdengar asing, tetapi ke empat bahan itu merupakan bahan kosmetik berbahaya ketika digunakan pada kulit kita.

Saat mencari tahu lebih dalam produk kosmetik favoriit yang kamu gunakan, mungkin kamu akan menemukan senyawa berbahaya yang meresap ke dalam kulit kita.

Seperti pengawet pada bahan kosmetik, bahan itu menjadi biang keladi berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan hormon dan meningkatkan risiko kanker.

BACA JUGA:9 Manfaat Masker Tomat yang Harus Kamu Tahu, Salah Satunya Dapat Mengurangi Penuaan Dini

Tanpa berlama-lama lagi, dibawah ini, kita bahas lengkap tentang bahan-bahan kosmetik berbahaya yang perlu diwaspadai dan tips menghindarinya

1. Paraben

Paraben, pengawet yang sering digunakan dalam produk kosmetik, menjadi seperti penyamar dalam dunia kecantikan.

Meskipun bertujuan mempertahankan kesegaran produk, paraben membawa risiko serius terhadap kesehatan kita.

Penelitian menunjukkan bahwa paraben dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, meningkatkan risiko kanker, dan merugikan organ-organ vital lainnya.

Perasaan ketakutan dan kebingungan mungkin melanda saat menyadari bahwa produk sehari-hari yang kamu gunakan mengandung senyawa yang dapat memengaruhi kesehatan kamu.

BACA JUGA:Hanya Dengan Putih Telur dan Susu, Bisa Bikin Wajahmu Kinclong. Inilah 6 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan

Oleh karena itu, kita terlebih dahulu harus membaca label dengan teliti dan menghindari produk yang menggunakan paraben sebagai bahan pengawetnya.

2. Merkuri

Kategori :