Layanan Kesehatan Jiwa di Kabupaten Pemalang Harus Lebih Diprioritaskan

Jumat 12-01-2024,09:00 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, PEMALANG - Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pemalang Diah Widiharti meminta kepada Dinas Kesehatan  memberikan pelayanan prioritas untuk kesehatan jiwa. Mengingat di Kabupaten Pemalang jumlah orang penderita penyakit jiwa cukup banyak hingga mencapai 6.000 orang.

Hal itu disampaikan saat gelar rapat kerja Komisi D DPRD Kabupaten Pemalang bersama Dinas Kesehatan beserta seluruh jajarannya, di Ruang Rapat Badan Anggaran Gedung Dewan.

BACA JUGA:Prodi Akutansi Poltek Harber Tegal Gelar Debat Mahasiswa

Diah Widiharti yang anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar dalam menyampaikan permasalahan layanan kesehatan jiwa, pihaknya betul-betul ingin dinas kesehatan memprioritaskannya. 

"Karena rumah sakit untuk layanan kesehatan jiwa di Kabupaten Pemalang ini , masih belum terpusat dalam satu layanan. Sehingga perlu adanya pusat layanan kesehatan jiwa untuk masyarakat,"katanya.

BACA JUGA:210 Kejadian Bencana Landa Kota Tegal, Komisi I DPRD Harap Volume Kejadian Berkurang

Seperti contoh rumah sakit di Randudongkal yang sudah ada bangunannya agar digunakan dan diberdayakan. Serta bangunannya untuk dimanfaatkan menjadi layanan kesehatan jiwa.

Diah Widiharti sangat prihatin ketika melihat  jumlah orang penderita sakit jiwa di Kabupaten Pemalang cukup banyak hingga 6.000 an orang. Sehingga permasalahan ini tentunya, menjadikan rasa keprihatinan bersama. Harapannya agar nantinya dapat tertangani dan terlayani dengan baik.

BACA JUGA:Agustyarsyah Dilantik sebagai Pj Bupati Tegal, Pj Gubernur Jateng Pesan Hal Ini

"Kami sangat prihatin ketika melihat data angka penderita sakit jiwa di Kabupaten Pemalang angkanya cukup tinggi. Untuk itu, pelayanan kesehatan jiwa perlu diprioritaskan,"ujarnya.

Dijelaskannya, layanan kesehatan jiwa, bukan hanya untuk orang penderita sakit jiwa, seperti dirinya sebagai anggota DPRD, jika perlu di tes kejiwaannya. 

"Seperti saya juga perlu dites kejiwaannya diakhir periode masa jabatannya sebagai anggota dewan, dalam kondisi sehat apa tidak,"jelasnya.

BACA JUGA:Polres Tegal akan Gunakan ETLE untuk Tindak Pengguna Knalpot Brong

Diah Widiharti kembali menegaskan alasan kenapa layanan kesehatan jiwa untuk lebih diprioritaskan, karena kesehatan jiwa juga menjadi hal penting dan utama bagi kesehatan masyarakat. 

"Jadi kesehatan jiwa itu, adalah kesehatan yang paling utama untuk masyarakat. Sehingga masyarakat itu betul- betul dalam kondisi sehat,"tandasnya.

Kategori :