6 Rekomendasi Makanan Khas Jepara yang Unik dan Memanjakan Lidah, Wajib Cicipi Bikin Nagih!

Minggu 12-11-2023,20:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

Dalam penyajiannya, pengunjung dihidangkan semangkuk soto dengan nasi dan bisa ditambahkan lauk opsional berupa sate usus, tempe goreng, tahu goreng, bahkan horok-horok. Harga soto Jepara per porsinya cukup bervariasi mulai dari Rp.12.000,-.

4. Kuluban

Kuluban atau yang juga disebut sebagai kluban, makanan ini menggunakan sayuran sebagai bahan dasarnya. Dapat dikatakan bahwa kuluban yaitu saladnya orang Jepara.

Hal tersebut dikarenakan kuluban terbuat dari berbagai macam sayur dan diberikan tambahan parutan kelapa yang telah dibumbui. Sayuran yang umum dipakai dalam kuluban ialah kangkung, daun singkong, labu siam, sawi, kacang panjang, dan tauge.

Bumbu yang dipakai adalah kelapa, terasi, cabai, serta gula. Kuluban banyak dijajakkan di warung dan pasar tradisional dengan harga mulai dari Rp.5.000,- untuk tiap porsinya.

5. Bakso Bambu Runcing

Bila umumnya bakso memiliki bentuk bulat seperti bola, bakso bambu runcing ini mempunyai bentuk yang sesuai dengan namanya, yakni berbentuk seperti bambu yang dipotong runcing pada bagian ujungnya.

Bakso ini adalah salah satu makanan khas Jepara yang diburu oleh banyak wisatawan ketika berkunjung. Bakso bambu runcing sebenarnya sama saja seperti bakso lain dan hal yang membedakan hanyalah dari segi bentuknya.

Semangkuk bakso bambu runcing berisi bakso, kuah kaldu, tetelan sapi, dan daun bawang. Penjual bakso bambu runcing, berada di Pasar Baru, Ngabul Tahunan Jepara. Bakso ini memiliki harga Rp.20.000,- untuk tiap porsinya.

6. Opor Panggang

BACA JUGA:5 Rekomendasi Cafe Gaul di Jepara yang Asik buat Nongkrong, Hits dan Kekinian!

Namanya cukup unik. Hal yang membedakan opor panggang dengan opor pada umumnya yaitu proses pemasakannya. Daging yang akan dijadikan sebagai opor, dimasak terlebih dahulu dengan cara dipanggang supaya menambah aroma smoky yang khas.

Daging yang umum digunakan sebagai opor panggang yaitu daging ayam kampung serta dibumbui menggunakan bawang, santan, dan daun jeruk. Opor panggang disajikan menggunakan mangkuk dengan karbohidrat berupa lontong atau ketupat. Makanan nikmat ini dihargai Rp.15.000.- per porsinya.

 

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Jepara yang banyak di buru oleh wisatawan saat di Jepara, kalian wajib cobain. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :