7 Destinasi Wisata Candi di Klaten yang Penuh Misteri, Salah Satunya Candi Siwa yang Memiliki Sejarah Tinggi

Senin 30-10-2023,04:01 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

Candi ini mendapat namanya dari sarang burung merak yang pernah ditemukan di pohon joho di atas bangunan candi pada masa lampau.

BACA JUGA:Mitos Candi Asu Magelang, Anak Seorang Putri Raja yang Suka Seks Bebas Lalu Dikutuk Menjadi Anjing   

4. Candi Sojiwan 

Candi Sojiwan ini adalah salah satu kompleks percandian di Klaten yang masih mempertahankan relief hampir utuh. Relief seperti kura-kura, garuda, dan pria yang bertarung menghiasi candi ini dengan indah. 

Perpaduan antara Budha dan Hindu terlihat jelas dalam arsitektur candi ini. Atap candi yang berbentuk stupa menggambarkan ciri khas Budha, sementara bentuk ramping tubuh candi mengingatkan pada ciri khas Hindu.  

5. Candi Sewu

Candi Sewu merupakan kompleks percandian Budha terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Relief dan arca di dalam candi, seperti arca Dwarapala dan 240 candi perwara, memberikan gambaran kekayaan sejarah dan budaya pada masa lalu. 

Meskipun awalnya digunakan sebagai tempat ibadah Budha, candi ini sekarang menjadi tujuan wisata yang menarik. Candi ini mempunyai hubungan dengan kisah Roro Jonggrang dalam sejarahnya. 

6. Candi Lumbung

Candi Lumbung mempunyai corak khas Budha dengan 16 candi perwara yang menghadap candi utama. Walaupun beberapa elemen seperti atap candi dan arca tidak lagi terlihat, 

pahatan Kuwera dan Hariti masih bisa ditemukan di dinding dekat pintu masuk candi perwara. Keunikan candi ini terlihat pada bentuknya yang memiliki banyak segi dan relief laki-laki serta perempuan pada dinding luar. 

BACA JUGA:Ingin Berwisata Sejarah? Candi Prambanan Bisa Menjadi Salah Satu Pilihan, Dijamin Seru dan Menyennagkan!

7. Candi Bubrah

Candi Bubrah, dengan arti "hancur berantakan," merupakan salah satu bangunan candi yang mengingatkan pada kejayaan Kerajaan Mataram Kuno. 

Meskipun kondisinya tidak utuh, upaya pemugaran yang dilakukan pada tahun 2016 telah mengungkap berbagai arca dan relief Budha, memberikan wawasan tentang masa lalu yang kaya. Bangunan ini dibangun di atas tanah berbentuk persegi dengan ukuran sisinya 12 meter. 

Setiap bangunan kuno membawa cerita dan keindahan tersendiri, memperkaya pemahaman kita tentang peradaban masa lampau. Menjelajahi dan mengungkap tentang  keajaiban sejarah dan budaya Klaten melalui tujuh candi ini yang penuh misteri. 

Kategori :